Konsumsi Asupan mengandung Antioksidan dapat Cegah Radikal Bebas

November 18, 2019 | Iman

Setiap hari tubuh kita dibebani begitu banyak stres, baik itu eksternal dan internal. Banyak faktor yang dapat memicu stres diantaranya diet dan nutrisi yang tidak teratur dan tidak tepat, kurang tidur, hidrasi dan banyak lagi.

Beberapa ahli mengatakan bahwa hal tersebut dapat menghasilkan peningkatan jumlah radikal bebas, yang merupakan produk sampingan metabolisme.

Karena sifatnya yang sangat reaktif, sel-sel ini juga sangat rentan terhadap pembusukan dan patogen yang berperan sebagai pemicu untuk mempercepat proses penuaan pada tubuh.

Menurut ahli, Radikal bebas, juga dapat merusak komponen seluler dan dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk jenis kanker tertentu. Sementara itu, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan adanya radikal bebas diantaranya Lingkungan yang tercemar dan kebiasaan gaya hidup kurang sehat seperti merokok, minum alkohol dan lainnya.

Para ahli dalam beberapa penelitian mengatakan, biasanya, radikal bebas ini dinetralkan oleh sistem yang efisien dalam tubuh yang mencakup enzim antioksidan yang meliputi superoksida dismutase, katalase, dan glutathione peroksidase dan antioksidan yang diturunkan nutrisi dalam molekul kecil diantaranya vitamin E, vitamin C, karoten, flavonoid, glutathione, dan taurin.

YesDok Ads

Seperti diketahui, Antioksidan dapat menawarkan perlindungan alami dari radikal bebas dan menjaga tubuh juga kulit yang sehat.

Konsultasi dokter kulit, Dr Pravin Banodkar menuturkan, Peran antioksidan sebagai senyawa anti-penuaan yang kuat dan pendorong kesehatan holistik, sudah sangat tepat.

"Terlepas dari kecantikan dan kesehatan, aksi dari kandungan antioksidan telah terbukti membantu dalam mengatasi gangguan autoimun dan inflamasi kulit tertentu," ucap dr Pravin seperti dilansir laman Times of India.

Sementara itu, ada banyak sumber alami Glutathione yang bisa kita dapatkan, seperti protein whey, tomat, alpukat, jeruk, walnut, dan asparagus, juga suplemen glutathione yang telah ditetapkan dan aman untuk penggunaan rutin.

Lebih jauh, Glutathione juga membantu regenerasi antioksidan lain seperti vitamin C dan vitamin E, sehingga meningkatkan potensi hadirnya antioksidan dalam tubuh.

YesDok Ads