Kolesterol Tinggi pada Anak, Ini Cara Mengatasinya

October 28, 2022 | Claudia

Kolesterol Tinggi Pada Anak

Kolesterol tinggi tak hanya terjadi pada orang dewasa, ini juga bisa terjadi pada anak. Kolesterol tinggi pada anak harus menjadi perhatian orang tua, karena ini bisa membawa anak pada masalah kesehatan yang tidak diharapkan.

Ada dua tipe kolesterol yang harus diketahui, yakni kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Tingginya kadar kolesterol LDL akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan jantung.

Jika seseorang mengalami kolesterol tinggi, ini akan menyebabkan penyempitan arteri yang disebabkan karena adanya penumpukan plak yang mengganggu aliran darah di tubuh. Jika kolesterol tinggi pada anak tidak segera diatasi, ini akan mengakibatkan penyakit jantung koroner di masa yang akan datang.

Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajiban bagi Anda dalam mencegah kolesterol tinggi pada anak. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yakni:

YesDok Ads

  • Pastikan anak rutin mengonsumsi buah, sayuran dan juga gandum.
  • Berikan juga nutrisi penting yang berasal dari ikan dan kacang-kacangan.
  • Saat mengonsumsi daging, pilihlah daging yang tidak berlemak, misalnya dada ayam.
  • Kurangi camilan atau snack dan minuman ringan yang tinggi kandungan gula.
  • Batasi juga konsumsi makanan cepat saji dan junk food pada anak.
  • Hindari konsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan mengandung lemak jenuh pada anak, misalnya dengan memilih susu rendah lemak.
  • Gunakanlah minyak sayur saat memasak atau mengolah makanan.
  • Dorong anak untuk rajin berolahraga, misalnya dengan melakukan aktivitas fisik di luar rumah.

Pastikan untuk rutin memeriksakan kadar kolesterol anak. Bila anak berusia lebih dari delapan tahun dan memiliki kadar LDL 190 mg/dL atau lebih, anak sudah harus diberikan obat jenis statin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Dokter biasanya meresepkan obat ini jika anak memiliki riwayat hypercholesterolemia, atau kondisi di mana seseorang dilahirkan dengan kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Anak memiliki kecenderungan untuk meniru orang tuanya, untuk itu sebagai orang tua, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, dengan konsumsi makanan tinggi nutrisi, rutin olahraga, dan cukup istirahat. Ini semua dapat berguna untuk mencegah kolesterol tinggi pada anak dan tentunya pada diri Anda sebagai orang tua.

Keluarga yang sehat, akan mendorong tumbuh kembang anak menjadi lebih baik ke depannya.

(Foto: universityofcalifornia.edu)

YesDok Ads