Kiat Meningkatkan Produktivitas Saat Bekerja di Rumah

June 04, 2020 | Helmi

work from home

Wabah virus corona memaksa kita untuk melakukan beragam aktivitas dari rumah. Seperti bekerja, sekolah, hingga ibadah. Sekian lama bekerja dari rumah, mungkin masih ada dari Anda yang masih merasa kurang produktif.

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa bekerja dari rumah memiliki banyak kelebihan. Seperti tidak harus datang kesiangan, atau menghadapi kemacetan yang menyebalkan. Tapi ternyata tidak semudah demikian.

Bekerja dari rumah justru memangkas produktivitas Anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga produktivitas Anda selama bekerja dari rumah:

Tetapkan jam kerja - Saat bekerja di kantor, pulang ke rumah di malam hari adalah sinyal bahwa Anda sudah selesai bekerja. Bekerja dari rumah, bagaimanapun, secara efektif menghilangkan ini, yang berarti jam kerja mungkin lebih lama dari biasanya.

Karena itu, penting bagi Anda untuk menetapkan jam kerja yang dapat Anda ikuti. Tetapkan jam mulai bekerja dan kapan Anda harus berhenti. Patuhi jadwal tersebut agar jam kerja Anda menjadi seperti semula.

Buat tujuan dan selesaikan - Penting juga untuk menetapkan tujuan yang dapat Anda capai dalam sehari, baik sebesar menyelesaikan presentasi atau semudah memulai membuat sebuah laporan.

Buat targer jangka pendek dan jangka panjang, dan biarkan target tersebut membuat Anda tetap termotivasi.

Usahakan jauhkan gangguan - Ini harus jelas bagi semua orang, baik pasangan Anda maupun anak-anak. Mereka mungkin bermaksud baik untuk bersama Anda selama bekerja dari rumah, tetapi gangguan ini dapat merusak produktivitas kerja Anda.

Karena itu, buat beberapa aturan dasar yang dapat dipahami semua orang, terutama jika Anda memiliki anak kecil.

Ciptakan lingkungan yang kondusif untuk produktivitas - Ini tergantung pada apa yang Anda pikir akan membuat Anda produktif, yang artinya mungkin berbeda dari satu orang ke orang lainnya.

Tujuannya adalah untuk membuat lingkungan yang bebas dari gangguan dan meningkatkan produktivitas Anda.

Salah satunya bisa dengan membuat sebuah ruangan kerja di mana Anda akan menghabiskan waktu selama jam kerja. Dengan ini Anda bisa lebih fokus dan terhindar dari beragam gangguan.

(Foto: Freepik)

YesDok Ads