Kiat Meningkatkan Produktivitas Berdasarkan Sains

April 17, 2020 | Helmi

produktif

Menemukan cara yang sehat untuk meningkatkan produktivitas sangat penting. Menjadi produktif dapat membuat kita merasa puas dengan agenda yang telah ditentukan dan bahkan dapat memberi kita lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai.

Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan produktivitas berdasarkan penelitian ilmiah:

Bangun Lebih Awal

Untuk menjadi lebih produktif bisa dimulai dengan cara bangun pagi. Dengan bangun lebih pagi, lebih banyak juga kegiatan yang bisa diselesaikan. Ini akan membantu Anda menyelesaikan lebih banyak tugas.

Berikan tenggat waktu yang ketat bagi diri Anda

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menetapkan tenggat waktu untuk mencapai tujuan realistis untuk diri Anda sendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dan Ariely dan rekan-rekannya, yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, menemukan mahasiswa yang memberikan tenggat waktu yang ketat pada diri mereka untuk tugas lebih baik dan lebih konsisten daripada mereka yang tidak.

Selesaikan Tugas Besar Pertama

Sebagian besar dari kita terbiasa untuk mengerjakan tugas kecil dan mudah terlebih dahulu untuk kemudian menyelesaikan yang lebih besar dan sulit. 

Sebuah studi dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan bahwa otak akan merangsang pekerjaan produktif nyata dengan membuat kita melakukan tugas kecil untuk menyita waktu kita.

YesDok Ads

Ini terjadi karena otak pertama-tama akan memvisualisasikan skenario terburuk untuk mengatasi masalah itu dan kemudian akan melakukan apa saja untuk menghentikan kita dari memulai. Berani dan atasi masalah terberat Anda terlebih dahulu, untuk kemudian beralih ke tugas-tugas kecil.

Beristirahat Lebih Banyak

Meskipun tampaknya berlawanan dengan intuisi, mengambil lebih banyak istirahat akan membantu Anda menjadi lebih produktif dan mencapai tujuan Anda sepanjang hari. Otak hanya mampu tetap fokus selama 90 menit, dan kita perlu istirahat setidaknya selama 15 menit, menurut Ultradian Rhythms - siklus tubuh alami yang terjadi pada interval kurang dari 24 jam.

Berdasarkan konsep ini, istirahat setiap 90 menit akan membantu Anda memperbarui pikiran dan tubuh Anda untuk produktivitas 90 menit berikutnya.

Jangan Multitasking Lebih dari Dua Hal

Melakukan banyak hal sekaligus seringkali dapat menyebabkan Anda tidak melakukan tugas dengan baik. Sebuah studi di Science Magazine menemukan otak mendedikasikan setengah materi abu-abu untuk setiap tugas ketika mencoba melakukan dua hal sekaligus. Otak tidak dapat secara efektif menangani lebih dari dua aktivitas kompleks sekaligus.

Bekerja di Tempat yang Tenang

Sebuah penelitian dari Cornell University menemukan pekerja yang terpapar kebisingan tingkat rendah memiliki kadar epinefrin yang lebih tinggi - hormon yang membantu mengatur detak jantung. Jika memungkinkan, pergilah ke ruangan yang tenang di dekat Anda dan fokuslah pada tugas yang ada, demi produktivitas dan kepentingan hati Anda.

(foto: digital marketing consultant)

YesDok Ads