Kiat Mencegah Kenaikan Berat Badan bagi Penderita Diabetes

November 20, 2021 | Kaifia

Aktivitas fisik

Terapi insulin adalah pengobatan umum yang digunakan untuk penderita diabetes. Terkadang, pengobatan ini mampu menyebabkan kenaikan berat badan.

Orang yang memakai insulin dapat mengendalikan berat badan mereka dengan diet atau strategi gaya hidup tertentu.

Saat Anda mengambil insulin, glukosa bisa masuk ke dalam sel Anda dan kadar glukosa dalam darah akan mengalami penurunan. Hal ini merupakan tujuan dari pengobatan yang diinginkan.

Namun jika seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan untuk mempertahankan berat badan yang sehat, sel-sel Anda akan mendapatkan lebih banyak glukosa daripada apa yang mereka butuhkan. 

Glukosa yang tidak digunakan bisa terakumulasi sebagai lemak. 

Diabetes yang tidak diobati dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh tidak mampu mengubah makanan menjadi energi secara efektif. 

Mengambil insulin merupakan solusi dari permasalahan ini. Oleh karena itu, inilah sebabnya mengapa orang mungkin melihat adanya kenaikan berat badan saat mereka mulai menggunakan insulin.

Tips mencegah kenaikan berat badan bagi penderita diabetes

Cara efektif ini dapat membantu Anda untuk menghindari kenaikan berat badan terkait dengan insulin

YesDok Ads

Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang rutin menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat. Hal ini juga membantu membakar kalori, mengatur kadar glukosa darah serta mengurangi lemak tubuh.

WHO merekomendasikan bahwa orang dewasa berusia 18-64 tahun lakukan setidaknya 150 menit intensitas sedang setiap minggunya.

Memonitor kalori 

Penderita diabetes fokus terhadap pengelolaan asupan karbohidrat mereka. Namun, hal ini sama pentingnya dengan memonitor kalori secara keseluruhan.

Makan terlalu banyak kalori bisa memicu kelebihan kadar glukosa darah serta peningkatan penyimpanan lemak.

Memilih diet yang cocok

Makanan tertentu bisa mencegah penambahan berat badan. Membuat rencana makanan dengan keseimbangan makanan yang bergizi dapat membantu. Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai hal ini.

Jenis makanan yang bisa dikonsumsi antara lain

  • Sayuran
  • Biji-bijian utuh
  • Yogurt 
  • Buah-buahan
YesDok Ads