Diet
+1

Khasiat Ubi Bagi Penurunan Berat Badan

September 22, 2019 | Iman

Siapa yang tidak mengenal ubi? Ya, makanan kaya karbohidrat ini mudah ditemui di belahan bumi manapun. Tidak hanya enak dan mengenyangkan perut, ubi jalar kaya akan vitamin, mineral dan senyawa tanaman yang disebut fitonutrien, yang sangat bagus untuk kesehatan.


Sayangnya, ubi jalar dikenal sebagai makanan yang membuat gemuk karena kalorinya yang tinggi. Faktanya, itu tidak sepenuhnya benar. Ubi bahkan merupakan makanan pokok alternatif yang sehat dan terbukti secara ilmiah membantu menurunkan berat badan.


Dilansir Times of India, berikut beberapa alasan kenapa ubi mampu membantu program penurunan berat badan.


1.Kaya Serat

Ubi kaya akan serat makanan yang membantu penurunan berat badan dengan membentuk gel seperti jala di perut. Proses ini yang membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama dan dengan demikian mencegah makan berlebihan. Serat juga berkerja mempromosikan gerakan tinja dan mendukung produksi bakteri baik.
 

2. Kaya Karbohidrat dan Energi Baik

Karbohidrat tidak seharusnya diabaikan, bahkan ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Karbohidrat memberi Anda energi untuk menjalankan beragam aktivitas. Jika tubuh Anda tidak memiliki karbohidrat yang cukup, maka Anda tidak akan memiliki tenaga untuk tetap aktif dan sehat. Pada 300 gram ubi terdapat 58 gram karbohidrat, 8,25 di antaranya merupakan karbohidrat kompleks (serat makanan).


3. Rendah Indeks Glikemik (GI)

YesDok Ads

Indeks Glikemik (GI) adalah peringkat karbohidrat dalam makanan, yang tergantung pada lonjakan glukosa yang ditimbulkannya dalam tubuh setelah dikonsumsi. Makanan dengan GI tinggi dapat menyebabkan gula darah yang tinggi. Mengkonsumsi makanan GI tinggi meningkatkan risiko diabetes tipe 2. 


Meskipun ubi jalar terkenal manis, namun GI mereka rendah. Tentu Anda dapat mengkonsumsinya tanpa khawatir dengan lonjakan kadar glukosa darah.

 
4. Kaya Kandungan Air

Dehidrasi dapat memperlambat metabolisme dan dengan mengonsumsi ubi dapat membantu merehidrasi sel-sel. Menjaga hidrasi tubuh dapat mencegah menumpuknya lemak, menyeimbangkan pH dan membantu membuang racun.


5. Antioksidan Tinggi

Ubi dikenal memiliki banyak kandungan antioksidan yang menginduksi seng superoksida, katalase, dan sporamin. Antioksidan-antioksidan ini mampu bekerja maksimal melindungi tubuh Anda dari peradangan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

(Foto: delish.com)
 

YesDok Ads