Khasiat Mental Berkebun yang Perlu Diketahui

June 30, 2019 | Iman

Banyak cara menghabiskan waktu untuk meremajakan pikiran yang penat. Salah satu yang sedang tren adalah berkebun. Kini kegiatan ini dapat dilakukan di manapun meski dengan memanfatkan tempat terbatas.

Berkebun memiliki efek yang manjur bagi kesehatan mental Anda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa proses berkebun dapat meningkatkan umur panjang hingga mempercepat proses penyembuhan. Dilansir Times of India, berikut adalah beberapa kesehatan mental dari berkebun.

Mengajarkan diri lebih menerima

Berkebun mengajarkan Anda menerima dan merangkul segala sesuatu sebagaimana adanya, tanpa berusaha untuk mengubahnya. Anda dapat melakukan yang terbaik untuk merawat atau memanen kebun, tetapi hasilnya tetap ada di tangan Anda. Itu tergantung pada beberapa faktor lain dan Anda harus siap menghadapi semua kenyataan.

Sempurna bukan berarti selalu terlihat cantik. Jika Anda seseorang perfeksionis, maka dengan berkebun mampu mengajarkan mencintai benda apapun. Tidak peduli seberapa Anda sempurna merawat kebun, pasti ada kalanya frustasi. Maka dekat dengan tumbuhan adalah terapi terbaik untuk pertumbuhan pola pikir.

Terhubung dengan orang lain

Berkebun memberi Anda kesempatan sempurna untuk terhubung dengan sesama. Ini membantu mengembangkan hubungan yang sehat dengan orang lain. Seperti jika Anda bertemu seseorang yang memiliki minat yang sama dalam berkebun, maka itu akan menghubungkan Anda menjalin koneksi baru.

YesDok Ads

Melatih fisik

Menggerakkan tubuh Anda adalah cara lain yang efektif untuk meningkatkan suasana hati. Maka lewat aktivitas fisik dari merawat kebun dapat menurunkan kecemasan dan mengangkat semangat Anda. Aktivitas fisik tak selalu pergi rutin ke pusat kebugaran, kini cukup dengan merawat dan menyirami tanaman kesayangan di rumah.

Mengurangi stres

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bahwa berkebun juga dapat membantu mengurangi tingkat stres. Perasaan berada di sekitar kehangatan matahari dengan tangan dilumuri tanah tentu menjadikan hal tersebut pengalaman yang tak tergantikan. Luangkan waktu setiap hari untuk berjalan-jalan di area taman Anda daripada menghabiskan waktu dengan hal yang tak berguna.

Makan lebih sehat

Sadar atau tidak, berkebun mampu memotivasi diri untuk makan makanan sehat. Taman Anda dapat menghasilkan sayuran dan buah-buahan segar dan sehat dan Anda akan menikmati memilikinya kapan saja. Hal ini tentu memiliki dampak signifikan pada kesehatan mental seseorang.

(Foto: thestar.com)

YesDok Ads