Khasiat Jus Delima untuk Masalah Hipertensi

May 25, 2022 | Iman

Jus delima

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi di mana kekuatan darah yang mengalir melalui pembuluh darah terlalu tinggi. Hal ini dapat membahayakana pembuluh darah, jantung, dan organ lain seperti otak, ginjal, dan mata.

Pembacaan tekanan darah antara 120/80mmHg dan 140/90mmHg bisa berarti Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi. Oleh karenanya penting mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan tekanan darah Anda.

Membuat perubahan gaya hidup sehat terkadang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi Anda. Salah satu perubahan gaya hidup yang penting adalah pola makan.

Pasien dengan tekanan darah tinggi perlu ekstra hati-hati dalam hal diet. Makanan yang digoreng, asin atau pedas dapat menyebabkan lonjakan tingkat tekanan darah. Hindari junk food dan makanan olahan karena mengandung kolesterol dan sodium yang tinggi.Di sisi lain, menerapkan diet ramah tekanan darah dapat membantu menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran yang sehat. Salah satu minuman penting yang harus disertakan dalam diet adalah jus delima segar.

Delima kaya akan nutrisi seperti folat dan vitamin C, dan memiliki efek anti-inflamasi. Jus delima mengandung antioksidan pada tingkat yang lebih tinggi daripada banyak jus buah lainnya, hampir tiga kali lebih tinggi daripada yang ada dalam teh hijau atau anggur merah.

 Studi pada 2016 menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Efek pada tekanan darah sistolik tidak tergantung pada berapa lama peserta mengonsumsi jus delima dan berapa banyak.

YesDok Ads

Para peneliti merekomendasikan dosis minimal 240 mililiter (1 cangkir) untuk mengurangi tekanan darah diastolik. Diperkirakan bahwa jus delima dapat memblokir atau memperlambat penumpukan kolesterol di arteri, mencegah risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

 Cobalah untuk hanya mengonsumsi jus delima yang baru saja diperas, tanpa menambahkan gula apa pun. Gula menambahkan lebih banyak kalori ke jus, yang mengurangi manfaat kesehatan jantungnya.

Selain memilih jus delima, Anda juga harus mengurangi jumlah garam yang dikonsumsi, mengurangi alkohol, menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan, mengurangi kafein, dan berhenti merokok.

 Stres juga dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi jika Anda bereaksi terhadap stres dengan makan makanan yang tidak sehat, minum alkohol atau merokok.

Meditasi, yoga, olahraga, atau aktivitas lain apa pun yang membantu Anda merasa tenang dalam segala pikiran.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads