Khasiat ASI untuk Bayi Prematur

May 14, 2022 | Aqiyu

asi

Setiap ibu hamil menginginkan bayinya lahir cukup bulan dengan sehat dan selamat. Tapi, ibu hamil kerap kali dikhawatirkan dengan melahirkan sebelum waktunya atau kelahiran prematur. Seorang bayi dikatakan lahir secara prematur bila bayi lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu. 

Dilansir dari laman IDAI, masalah utama dari kelahiran prematur adalah belum matang atau maturitasnya dari seluruh sistem organ tubuhnya. Sehingga pada umumnya bayi yang lahir prematur akan dirawat di NICU untuk menstabilkan keadaan gawat daruratnya dan menjaga proses tumbuh kembangnya tetap berjalan. Bayi yang lahir prematur juga membuat bayi kehilangan kesempatan mendapatkan dukungan nutrisi, oksigen, kekebalan dan kehangatan dari ibunya lebih lama. 

Untuk tetap dapat memberikan dukungan tersebut untuk si kecil, ibu bisa memberikan ASI untuk bayi prematur. ASI merupakan nutrisi terbaik semua bayi terlebih untuk bayi prematur. Pentingnya ASI untuk bayi prematur adalah menjadi sumber faktor kekebalan tubuh dan pertumbuhan.  Bayi yang baru lahir terlebih bayi prematur memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah dan belum berfungsi secara optimal. Hal ini membuat bayi prematur rentan terserang infeksi. ASI mengandung karbohidrat, protein dan antibodi yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kondisi ini juga sangat memengaruhi pertumbuhan bayi. Memberikan ASI dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada bayi prematur.

YesDok Ads

Selain itu, khasiat ASI untuk bayi prematur adalah menambah berat badan. Pada umumnya, bayi prematur memiliki berat badan lahir yang rendah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko komplikasi serius seperti gangguan pernapasan dan hipotermia.

ASI akan diberikan sesuai dengan anjuran dokter. Sebab, tidak semua bayi prematur bisa langsung menghisap ASI dari ibunya. Dimana proses menyusui membutuhkan refleks menghisap, menelan dan bernapas yang baik. Pada bayi prematur yang lahir lebih dari 36 minggu sudah memiliki refleks tersebut dengan baik. Tetapi pada bayi prematur yang lebih muda, refleks menghisap dan menelannya belum sempurna begitu juga dengan sistem saluran cernanya. 

(Foto: about kids health)

YesDok Ads