0 Point
Ibu menyusui

Keterkaitan Menyusui dan Penggunaan Antibiotik yang Ibu Perlu Tahu

Jika Anda telah diberi resep antibiotik saat menyusui, Anda mungkin khawatir tentang keamanannya. Meskipun tidak semua penyakit atau kondisi medis memerlukan penggunaan antibiotik, termasuk infeksi telinga atau sinus, prosedur gigi, atau mastitis.

Apakah aman untuk bayi Anda? Jika antibiotik tertentu yang Anda resepkan tidak aman, apakah ada alternatif yang lebih aman?

Dalam kebanyakan kasus, antibiotik aman untuk orang tua menyusui dan bayinya. Menurut Academy of American Pediatrics (AAP), antibiotik adalah salah satu obat yang paling umum diresepkan ibu, dan semuanya masuk ke dalam susu.

Sebagian besar obat yang hadir dalam aliran darah Anda juga akan ada dalam ASI Anda. Namun, jumlah dalam ASI Anda biasanya lebih rendah daripada jumlah dalam darah Anda, dan sebagian besar obat tidak menimbulkan risiko nyata bagi kebanyakan bayi.

Namun, ada faktor lain yang perlu diingat, termasuk berapa usia bayi Anda. Paparan antibiotik akan menimbulkan risiko yang lebih besar untuk bayi prematur dan bayi baru lahir.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan antibiotik yang dianggap tidak aman untuk bayi Anda, Anda harus memutuskan seberapa penting bagi Anda untuk meminum obat tersebut.

Pastikan selalu konsultasi pada dokter sebelum menentukan langkah penangannya. Namun, ada beberapa antibiotik yang umumnya dianggap aman untuk ibu menyusui, di antaranya:

  • penisilin, termasuk amoksisilin dan ampisilin
  • sefalosporin, seperti sefaleksin (Keflex)
  • fluconazole (Diflucan)  ini bukan antibiotik tetapi antimikroba untuk mengobati infeksi jamur

Apa efek yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan antibiotik saat menyusui?

Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri dalam tubuh, baik bakteri yang menyebabkan Anda jahat maupun bakteri “baik” yang membuat Anda tetap sehat. Terkadang ibu melaporkan bahwa bayi mereka sakit perut setelah minum antibiotik. Beberapa juga mengeluhkan kasus sariawan.

Perlu diingat bahwa efek ini biasanya berumur pendek dan tidak berbahaya. Kondisi ini mungkin karena antibiotik dapat menghabiskan bakteri "baik" di usus bayi Anda.

Bagaimana jika sang ibu memang memerlukan antibiotik untuk penyembuhan?

Terkadang mengonsumsi antibiotik yang dikontraindikasikan untuk menyusui penting untuk kesehatan, dan ibu tidak perlu merasa bersalah. Bayi Anda membutuhkan ibu yang sehat lebih dari apa pun, jadi lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk tetap sehat dengan konsultasi yang tepat pastinya.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok