Ketahui Dampak Buruk Minyak Sayur untuk Kesehatan

September 23, 2019 | Helmi

Vegetable oil atau minyak nabati telah menjadi salah satu minyak goreng yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Minyak nabati berasal dari berbagai tanaman, termasuk kanola, kelapa, jagung, zaitun, kelapa sawit, safflower, kedelai dan bunga matahari. Konsumen memilih produk ini karena ketersediaan luas dan harga yang lebih terjangkau.

Minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak lobak dan minyak biji bunga matahari adalah produk yang paling umum di seluruh dunia. Tetapi minyak kelapa dan minyak zaitun juga mendapatkan lebih banyak perhatian karena manfaat kesehatannya yang dilaporkan.

Namun, beberapa minyak nabati mungkin tidak selalu meningkatkan kesehatan. Para ahli memperingatkan bahwa produk tersebut sangat halus dan diproses, yang melibatkan paparan sejumlah bahan kimia.

Efek Buruk Minyak Nabati

Peradangan

Minyak nabati mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah tinggi, yang telah dikaitkan dengan peradangan. Minyak ini juga mudah rusak ketika terkena panas dan menghasilkan radikal bebas yang bisa memicu peradangan dan merusak sel-sel dalam tubuh.

Berbagai Penyakit

YesDok Ads

Minyak sayur terhidrogenasi telah dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang berbeda. Tingginya kadar lemak trans dalam produk dapat berkontribusi pada pengembangan penyakit jantung, diabetes, obesitas dan jenis kanker tertentu.

Kehilangan Memori

Minyak sayur brominasi adalah bentuk lain dari produk ini yaitu minuman ringan. Para ahli kesehatan mengatakan zat tambahan ini bisa sangat berbahaya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa minyak itu dapat menyebabkan kehilangan memori, gangguan perkembangan dan masalah dengan kesehatan jantung, hati, dan tiroid. Para peneliti juga menemukan bahwa pada hewan dan manusia minyak sayur brominasi menyebabkan sakit kepala dan kelelahan.

Alternatif Minyak Nabati

Ada sejumlah pilihan yang aman dan sehat untuk diletakkan di dapur Anda. Anda dapat menggunakan minyak zaitun extra-virgin, minyak kelapa, atau minyak alpukat untuk menggantikan minyak nabati yang berpotensi berbahaya.

Produk-produk ini dikenal untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme dan fungsi otak yang lebih baik.

(Foto: Deccan Chronicle)

YesDok Ads