0 Point
Makanan

Ketahui Berapa Lama Makanan Dicerna Dalam Tubuh

Makan adalah salah satu cara untuk membentuk energi dalam tubuh. Pada normalnya, jam makan dibagi menjadi tiga, yakni makan pagi atau sarapan, makan siang dan makan makan malam. Setiap jenis makanan yang dikonsumsi pun berbeda waktu pencernaannya.

Biasanya Anda akan menghabiskan waktu makan selama 10-30 menit. Tapi makanan yang masuk tidak dapat langsung dicerna oleh tubuh. Tubuh memerlukan waktu dalam proses pencernaan agar semua zat gizi dapat dicerna secara optimal. Berikut lama waktu pencernaan makanan sesuai jenisnya:

  • Air menghabiskan 0 waktu, artinya air bisa langsung di cerna oleh tubuh.
  • Ayam dapat dicerna dengan baik oleh tubuh selama 1,5 jam.
  • Sayuran mentah akan melewati proses pencernaan selama 30 menit.
  • Sayuran matang butuh waktu selama 40 menit untuk dicerna.
  • Ikan membutuhkan waktu selama 45 menit dalam proses pencernaan.
  • Buah-buahan dapat dicerna oleh tubuh selama 15 menit.
  • Tubuh membutuhkan waktu selama 1 jam untuk mencerna salad dan minyak.
  • Sedangkan proses pencernaan daging adalah yang paling lama yaitu 3 jam.

Itu mengapa setiap selesai makan Anda tidak dianjurkan untuk langsung berbaring atau tidur. Tubuh membutuhkan beberapa waktu untuk memproses makanan yang masuk dengan baik. Bila Anda langung tidur usai makan, makanan yang masuk bisa kembali naik dan memicu timbulnya GERD dengan sensasi ulu ati terbakar.

Setelah mengetahui berapa lama makanan yang Anda konsumsi dicerna tubuh, Anda bisa mengatur makanan sesuai dengan jamnya. Seperti pada siang hari, lebih baik mencampur makanan yang lambat dan cepat oleh tubuh. Agar dapat menghasilkan energi dengan cepat tetapi dapat membuat kenyang lebih lama.

Makanan yang mudah dicerna juga cocok dikonsumsi saat pagi hari dimana Anda membutuhkan energi untuk beraktivitas. Dan juga dimalam hari untuk mengurangi insomnia dan membuat Anda bisa tidur lebih cepat. Tips lainnya yang harus diperhatikan adalah mengonsumsi buah sebelum makan berat karena buah lebih cepat dicerna. Bila meengonsumsi buah setelah makan, pada beberapa orang bisa membuat perut menjadi kembung.

(Foto: freepik)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok