Diet
+1

Ketahui 5 Penyebab Anda Gagal Diet

July 02, 2022 | Aqiyu

Ketahui 5 Penyebab Anda Gagal Diet

Menurunkan berat badan nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa orang yang sudah melakukan diet namun tidak ada perubahan pada berat badan. Secara teori, seseorang dapat menurunkan berat badannya hingga 4,5 kg dalam satu minggu. Lalu, apakah penyebab berat badan susah turun meskipun sudah diet?

Berat badan yang tidak kunjung turun, mungkin ada yang salah dengan cara Anda melakukan diet. Misalnya jam makan yang salah ataupun makanan yang dikonsumsi tidak mendukung program diet Anda. Bila diet yang Anda jalankan sudah benar , ada beberapa penyebab Anda gagal diet. Adapun hal tersebut sebagai berikut:

Stres

Sebuah studi mengatakan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan lemak saat stres, maka tubuh akan membakar kalori lebih sedikit. Stres dapat mengubah cara tubuh memproses makanan. Disebutkan juga bahwa stress dapat menyabotase perilaku sehat yang mendukung penurunan berat badan. Dimana Anda akan lebih sering mengonsumsi makanan yang Anda sukai, tidur lebih jarang, sering dilanda rasa lapar dan membuat Anda enggan berolahraga.

Kurang Tidur

Kurang tidur dapat membuat Anda mengantuk seharian saat melakukan aktivitas di siang hari. Durasi tidur yang sedikit ini dapat memengaruhi berat badan Anda. Efeknya meliputi nafsu makan cenderung meningkat. Akan timbul keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Kurang tidur juga dapat membuat Anda kurang aktif bergerak karena tubuh kelelahan. Jika Anda merasa gagal diet, maka coba perhatikan pola tidur Anda.

Faktor Genetik

Factor genetic juga bisa memengaruhi berat badan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa faktor genetik bukan hal yang dapat memudahkan seseorang untuk menurunkan berat badan. Kondisi ini dikarenakan lemak yang menghasilkan protein akan membuat tubuh berhenti memproses pembakaran lemak dan mencegah penurunan berat badan

Tidak Sarapan

Menurunkan berat badan bukanlah dengan cara mengurangi makan hingga sengaja melewatkan sarapan. Banyak yang berpikiran bahwa tidak sarapan dapat membantu menurunkan berat badan, padahal hal tersebut salah besar. Karena dengan melewatkan sarapan orang akan cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari. Inilah kenapa berat badan Anda susah turun.

Makan malam terlalu larut

Sama halnya seperti sarapan, selama diet juga Anda tetap diperbolehkan untuk makan malam dengan porsi yang sesuai kebutuhan. Namun perhatikan jam makan malam, jangan sampai Anda makan malam terlalu larut bahkan mendekati waktu tidur. Setelah makan malam tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur.

(Foto: upper grand family)

YesDok Ads