Kesulitan Tidur? Coba Konsumsi 5 Pilihan Teh Berikut Ini

February 08, 2022 | Helmi

drink tea

Minum secangkir teh bisa menjadi bagian dari rutinitas tidur yang sehat. Teh terbaik untuk tidur adalah teh herbal, karena bebas kafein.

"Banyak teh herbal mengandung senyawa yang mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dengan mengikat reseptor GABA (neurotransmitter) di otak, yang membantu menginduksi tidur," kata Elysia Cartlidge, RD, pemilik Haute and Healthy Living.

“Dan jika Anda membiasakannya, menyeruput secangkir teh sebelum tidur dapat membantu melatih otak Anda bahwa sudah waktunya bersiap untuk tidur,” kata Liz Weinandy, ahli gizi terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Berikut adalah pilihan teh terbaik untuk membantu Anda tertidur lebih cepat dan mendapatkan tidur malam yang lebih berkualitas.

Teh Chamomile

Chamomile adalah ramuan yang telah digunakan sebagai obat tidur selama berabad-abad. Hari-hari ini, itu adalah bahan utama dalam teh "waktu mengantuk".

Chamomile adalah obat penenang ringan yang mengandung apigenin, bahan kimia yang bekerja pada reseptor benzodiazepine di otak, mirip dengan bagaimana beberapa obat, seperti Ambien, membantu mengobati insomnia.

“Untuk membantu Anda tidur, minumlah satu cangkir teh chamomile satu atau dua jam sebelum tidur,” kata Amy Adams, RD, pendiri Backyard RD.

Teh Lemon balm

Lemon balm adalah anggota keluarga dari mint. Ini mengandung senyawa yang disebut asam rosmarinic, yang bekerja pada reseptor GABA dan memfasilitasi tidur.

Studi kecil menunjukkan bahwa lemon balm efektif untuk mengurangi insomnia, depresi, dan kecemasan, yang seringkali dapat menyebabkan kesulitan tidur atau tetap tertidur.

Lemon balm juga merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memiliki manfaat tambahan selama musim dingin ketika pilek dan flu sering mengganggu tidur, kata Adams.

Untuk konsumsinya, minumlah secangkir teh lemon balm dua jam sebelum tidur. Anda bisa meminumnya hangat atau dingin.

Teh Lavender

YesDok Ads

Sebuah penelitian kecil tahun 2015 terhadap wanita pasca persalinan menemukan bahwa minum teh lavender setiap hari selama 2 minggu pada awalnya mengurangi kelelahan, tetapi setelah empat minggu dampaknya serupa dengan plasebo.

Studi lain menemukan bahwa suplementasi dengan minyak lavender dapat sedikit meningkatkan kualitas tidur, membantu Anda tidur lebih lama, dan mengurangi terbangun di malam hari.

"Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa aromaterapi lavender mungkin hanya memiliki efek jangka pendek pada kualitas tidur dan hal yang sama mungkin berlaku untuk minum teh lavender," kata Cartlidge.

Bagi Anda yang ingin mencoba teh lavender untuk tidur, seduh secangkir sekitar dua jam sebelum tidur, dan luangkan waktu untuk mencium aroma lavender dari teh.

Teh Turmeric atau Kunyit

Kunyit adalah ramuan dalam keluarga jahe yang telah dikatakan membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi peradangan, di antara manfaat kesehatan lainnya. 

Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, adalah antioksidan kuat dan agen anti-inflamasi yang dapat membantu mengatur neurotransmiter di otak. Zat tersebut bisa membantu tidur, meski ada sedikit penelitian tentang kunyit dan tidur.

Namun, manfaat kesehatannya secara keseluruhan menjadikannya pilihan yang baik untuk menggantikan minuman berkafein sepanjang hari.

"Teh kunyit dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari karena bebas kafein dan tidak selalu menyebabkan tidur," kata Adams.

Kunyit dapat dicampur dengan madu, lemon, dan air untuk membentuk minuman seperti teh, atau dikombinasikan dengan susu (atau alternatif susu), madu, dan rempah-rempah lainnya.

Teh hijau

Teh hijau mengandung beberapa kafein, jadi sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur tetapi masih bisa menjadi pengganti yang baik untuk minuman dengan lebih banyak kafein. 

Sebuah studi kecil tahun 2017 menemukan bahwa orang dewasa yang minum lebih banyak teh hijau rendah kafein di siang hari memiliki tingkat stres yang lebih rendah daripada orang dewasa yang minum teh hijau berkafein penuh.

YesDok Ads