Kesalahan Umum Yang Harus Anda Hindari Selama Musim Dingin

October 13, 2020 | Iman

Musim dingin

Musim dingin akan segera tiba dan sangat penting untuk menghindari beberapa kesalahan umum yang biasa kita lakukan selama musim tersebut.

Ada beberapa kebiasaan buruk dan gaya hidup yang tidak sehat yang menyebabkan banyaknya jenis penyakit yang muncul saat musim dingin seperti pilek, batuk, flu dan alergi.

Di musim dingin, kita harus menjaga kebugaran dan pola makan untuk agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan bebas penyakit selama musim tersebut apalagi di masa pandemi. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari selama musim dingin.

1. Tidak minum cukup air

Di musim dingin, aktivitas fisik mungkin berkurang dan orang cenderung mengonsumsi lebih sedikit air. Selain itu, karena cuaca dingin, rasa haus pun berkurang sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Tidak berolahraga

Dengan cuaca dingin yang membuat malas, tetap disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan seperti bersepeda atau berjalan kaki karena berolahraga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Tidak menutupi tangan dan kaki

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menutupi tangan dan kaki selama musim dingin saat waktu tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

4. Mandi air panas yang lama

Mandi air panas selama musim dingin memang memiliki efek positif untuk pikiran dan tubuh. Namun, mandi air panas dalam waktu lama justru dapat merusak sel-sel kulit keratin yaitu permukaan kulit terluar sehingga menyebabkan beberapa masalah seperti peradangan kulit, kekeringan dan kulit kemerahan.

5. Memakai terlalu banyak pakaian

Menjaga agar tubuh tetap hangat selama musim dingin itu penting, tetapi jika anda memakai terlalu banyak pakaian justru dapat menyebabkan panas dan keringat. Terlalu banyak pakaian dapat menyebabkan keringat sehingga membuat anda dehidrasi.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads