Kesalahan dalam Sarapan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

January 30, 2022 | Iman

Makanan sehat

Bagi pasien diabetes, penting untuk mengelola kadar gula darah serta menjalankan makan secara teratur. Setelah berada dalam keadaan puasa selama 8-10 jam sepanjang malam, sarapan yang terencana sangat penting.

Banyak bagi penderita diabetes salah strategi dalam memilih makanan sarapan. Hal ini dapat memicu lonjakan gula darah tinggi. Berikut adalah cara merencanakan sarapan yang sehat untuk penderita diabetes.

1. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan di pagi hari akan membuat kadar gula darah Anda tetap tinggi sepanjang hari. Gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Sarapanlah sebelum pukul 8 pagi dengan menu yang ringan tanpa karbohidrat berlebihan.

2. Hindari konsumsi smothie

Makan buah dan jus memang terlihat sehat. Sayangnya, meminum jus atau smoothies di pagi hari hanya akan memberikan setengah dari manfaatnya. Meminum jus akan membuat Anda merasa lapar lebih awal.

3. Berpikir makanan rendah lemak itu baik

Produk bebas lemak atau rendah lemak umumnya tinggi kalori. Lemak membantu memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda merasa lebih kenyang.

YesDok Ads

4. Melewatkan asupan protein

Karbohidrat meningkatkan kadar gula darah dan dicerna dengan cepat. Memasangkan protein dengan karbohidrat membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu Anda mengelola kadar gula.

5. Melupakan asupan serat

Serat berperan membuat Anda kenyang lebih lama, tidak meningkatkan kadar gula darah dan membantu menurunkan kolesterol. Cobalah makan pagi dengan asupan yang mengandung serat.

6. Hindari makanan olahan dan sereal sarapan

Makanan olahan dan sereal sarapan umumnya tinggi kalori dengan sedikit nutrisi. Mereka adalah pilihan yang sangat tidak sehat bahkan untuk pasien diabetes.

(Foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads