0 Point
Bau badan

Keringat Berbau tidak Sedap? Mungkin Ini Penyebabnya

Apakah Anda sering mencium bau keringat keluar dari tubuh Anda? Pada dasarnya, keringat yang dikeluarkan oleh tubuh tidaklah berbau. Kehadiran bakteri dalam keringatlah yang menjadi penyebab munculnya bau badan.

Keringat adalah proses alami yang dilakukan untuk menurunkan suhu tinggi dalam tubuh. Setiap harinya, tubuh kita mengeluarkan keringat. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk menggantikan cairan yang dikeluarkan. Diketahui, dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab keringat berbau tidak sedap.

Stres, jenis kain dari pakaian yang dikenakan, parfum yang Anda pakai, makanan, juga bisa menjadi penyebab lain untuk masalah keringat yang berbau tidak sedap. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya untuk Anda:

Stres

Ketika stres, tubuh kita mulai mengeluarkan keringat di banyak tempat. Dalam waktu-waktu ini, tubuh juga mengeluarkan hormon yang disebut kortisol. Keringat yang dikeluarkan tubuh saat stres ini yang kemudian bercampur dengan bakteri, dapat menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, pastikan Anda mengelola stres dengan baik.

Kain pakaian

Kain sintetis tidak mampu menyerap keringat dari tubuh dengan baik, tidak seperti katun. Jika Anda cenderung banyak berkeringat, sebaiknya hindari kain berbahan rayon dan polyester, sebab kain-kain ini memungkinkan Anda untuk berkeringat lebih banyak dan dengan demikian membuat Anda semakin disengsarakan oleh bau keringat yang tidak sedap.

Parfum

Parfum yang Anda gunakan, juga bisa menjadi penyebab di balik keringat yang berbau tidak sedap. Ada beberapa parfum yang justru memicu tumbuhnya lebih banyak bakteri di kulit sehingga menyebabkan bau badan yang menyengat.

Konsumsi pil

Jika Anda saat ini tengah rutin mengonsumsi pil, maka ini bisa jadi alasan di balik bau keringat yang tidak sedap. Zat kimia yang terkandung dalam pil bisa membuat bau keringat.

Kekurangan nutrisi

Salah satu alasan utama mengapa keringat Anda berbau tak sedap adalah Anda kekurangan asupan nutrisi yang diperlukan dalam tubuh. Magnesium adalah salah satu nutrisi yang bisa menyebabkan bau badan jika Anda tak mencukupi kebutuhannya setiap hari.

Diet rendah karbohidrat

Jika saat ini Anda tengah menjalani diet dengan mengurangi asupan karbohidrat, bisa jadi ini lah sebabnya mengapa bau badan Anda tidak sedap. Tambahkan lagi asupan karbohidrat ke dalam menu makan harian Anda untuk menghilangkan bau tak sedap dari keringat Anda.

(Foto: ejisinc.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok