0 Point

Keracunan Makanan? Ini Solusinya!

Keracunan makanan adalah penyakit yang terjadi saat mengonsumsi bahan makanan yang terkontaminasi. Bisa disebabkan karena makanan yang basi atau telah terkontaminasi dengan bakteri dan kuman.

Keracunan makanan sering disebabkan oleh bakteri seperti listeria, E coli, dan salmonella, atau virus, seperti  norovirus atau flu dan dapat menular, tetapi hanya satu atau dua hari.

Tentunya ini menjadi pengalaman yang membuat tidak nyaman, meskipun jarang terjadi masalah yang serius dan membaik dengan sendirinya dalam hitungan hari. Namun dalam kasus yang lebih parah, gejalanya dapat bertahan hingga satu bulan. Jika merasakan gejala keracunan, Anda bisa melakukan konsultasi awal dengan dokter-dokter profesional yang ada di YesDok, yang siap melayani 24 jam.

Menurut ahli kesehatan, Kajsa Ernestam, “Jika Anda keracunan makanan maka disarankan untuk tinggal di rumah atau bekerja dan memastikan bahwa Anda beristirahat dan tetap terhidrasi. Pastikan mencuci tangan dan tidak menyiapkan makanan, agar tidak menyebar ke orang lain.”

“Saya merekomendasikan penyembuhan tubuh dengan nutrisi dan vitamin dari makanan alami, banyak cairan, istirahat, dan ketika Anda siap, juga tambahkan udara segar,” ujar Ernestam.

Jika Anda mengalami keracunan makanan, berikut ini merupakan makanan dan minuman terbaik untuk membantu menanggulanginya:

Saus Apel

Saus apel adalah cara yang bagus untuk membantu menenangkan perut Anda. Makanan ini mengandung lebih sedikit serat daripada apel. Sausnya mudah dicerna dan mengandung pektin, yang dapat membantu meredakan diare.

Teh Jahe atau Peppermint

Penelitian menemukan bahwa secangkir teh herbal dapat membantu meringankan masalah Anda pada keracunan makanan. Teh jahe juga disebut-sebut mampu mengurangi mabuk perjalanan, sedangkan teh peppermint dikenal mampu mengurangi mual dan sakit perut.

Makanan dengan Kandungan Air yang Tinggi

Keracunan makanan dapat membuat tubuh sangat dehidrasi, penting untuk mencoba menjaga air sebanyak mungkin. Selain mengonsumsi berbagai minuman, makanan yang mengandung banyak air juga akan sangat membantu.

Pilihan makanan terbaik antara lain seledri, tomat, terong, lobak, stroberi, mentimun atau semangka. Semua buah-buahan dan sayuran ini mengandung sekitar 80-95 persen air dan juga terdapat gula alami, vitamin A, B, dan D, dan mineral.

(Foto: NetDoctor.co.uk)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok