0 Point
Keputihan

Keputihan Bikin Nggak Nyaman? Coba Tips Ini

Apakah Anda kerap mengalami keputihan? Keputihan merupakan kondisi normal yang dialami wanita. Ini merupakan cairan yang keluar dari vagina, yang membawa keluar sel-sel mati dan juga bakteri dari vagina. Umumnya, keputihan yang normal tidak berbau dan tidak memiliki warna, atau berwarna bening dan seperti putih susu.

Keputihan biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil, ovulasi, stres, atau terangsang secara seksual. Namun, kebanyakan wanita merasa panik jika sedang mengalami keputihan. Keputihan yang normal umumnya tidak berbahaya. 

Akan tetapi, jangan sampai lalai, karena keputihan yang memiliki bau menyengat dan berwarna kuning atau kehijauan perlu mendapat perhatian lebih lanjut.

Munculnya keputihan kadang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Sering-seringlah mengganti celana dalam, jika keputihan berjumlah banyak dan mengganggu. Selain rutin menjaga kebersihan area kewanitaan, ini juga dapat menjaga kelembapan di area vagina dengan baik.
  • Basuhlah vagina dengan menggunakan air hangat secara lembut. Keringkan dengan menggunakan tisu atau handuk dengan cara ditepuk-tepuk pelan hingga kering.
  • Keputihan juga bisa terjadi akibat infeksi jamur, dan jika Anda mengalami hal ini, maka keputihan bisa diatasi dengan obat antijamur yang berbentuk krim atau gel, namun untuk memakainya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Jika Anda tengah menjalani pengobatan antibiotik, konsumsilah yogurt untuk menurunkan risiko terkena infeksi jamur.
  • Hindari pemakaian sabun pada area vagina secara berlebihan, karena ini bisa memengaruhi keseimbangan pH serta bakteri dalam vagina.
  • Bila keputihan telah berlangsung lebih dari seminggu, dan pengobatan alami sudah tidak mempan untuk mengatasi keputihan, segera periksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapat perawatan medis yang tepat.

(Foto: kushae.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok