0 Point
ilustrasi keputihan

Keputihan Anda Berwarna Cokelat? Mungkin Ini Beberapa Penyebabnya

Dalam kebanyakan kasus, keputihan berwarna coklat adalah bagian normal dari siklus menstruasi Anda dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Namun terkadang keputihan berwarna coklat bisa menjadi tanda adanya penyakit atau infeksi yang memerlukan perhatian medis. Berikut ini sejumlah penyebab kenapa kondisi tersebut bisa terjadi.

Haid Anda akan datang atau baru saja berakhir

Keputihan berwarna coklat pada awal atau akhir periode Anda biasanya terjadi karena darah bergerak lebih lambat daripada di tengah periode Anda. 

Karena darah membutuhkan lebih banyak waktu untuk meninggalkan rahim, darah akan teroksidasi, berubah dari warna merah menjadi warna yang lebih cokelat.

Tetapi jika keputihan berwarna coklat berlanjut selama beberapa hari atau minggu setelah periode Anda berakhir atau disertai dengan bau yang tidak sedap, gatal, atau terbakar, hubungi dokter Anda karena itu bisa menjadi tanda infeksi.

Kontrasepsi hormonal

Beberapa metode kontrasepsi seperti IUD atau implan yang melepaskan progestin dapat menyebabkan bercak, menstruasi tidak teratur, dan keputihan.

Ini lebih mungkin terjadi dengan metode pengendalian kelahiran yang mengandung sedikit atau tanpa estrogen karena kekurangan estrogen dapat menyebabkan lapisan rahim luruh sedikit demi sedikit. 

Dan seperti pada awal atau akhir periode Anda, ketika darah meninggalkan rahim secara perlahan, darah akan teroksidasi dan berubah menjadi coklat.

Bercak karena kontrasepsi hormonal biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan akan hilang sekitar tiga bulan setelah pemasangan IUD atau memulai pil KB rendah estrogen. 

Tetapi jika bercak terus berlanjut dan mengganggu Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan Anda untuk beralih ke metode kontrasepsi lain tanpa efek samping seperti ini.

Infeksi menular seksual

“Beberapa infeksi menular seksual, seperti klamidia dan gonore, dapat menyebabkan pendarahan vagina dan keputihan,” kata Mel Davis-Hall, GP, direktur medis di The Lowdown, platform resep kontrasepsi.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak mengalami gejala apa pun dengan infeksi ini. Jika Anda aktif secara seksual, penting untuk sering melakukan tes IMS sehingga Anda dapat menerima perawatan yang tepat jika Anda menderita IMS dan tidak menyadarinya. 

Menggunakan kondom juga dapat mengurangi risiko tertular IMS atau menularkan infeksi ke orang lain.

Kanker

Adanya keputihan berwarna coklat dapat mengindikasikan kanker serviks atau endometrium. Faktanya, tanda kanker endometrium yang paling umum adalah keluarnya darah dan pendarahan vagina yang tidak biasa.

Tanda-tanda lain dari kanker endometrium meliputi: hubungan intim yang menyakitkan, buang air kecil yang sulit atau menyakitkan dan sakit panggul.

Keputihan berwarna coklat adalah tanda kanker serviks yang kurang umum tetapi dapat terjadi.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok