Kenapa Anda Terus Merasa Kedinginan?

December 24, 2021 | Claudia

Kedinginan

Apakah Anda kerap merasa kedinginan, sementara orang-orang di sekitar Anda merasa biasa saja atau justru kegerahan? Mungkinkah ada alasan medis yang bisa menjelaskan kondisi ini?

Tubuh kita suka berada pada suhu yang konstan. Hipotalamus adalah bagian otak yang mengatur suhu tubuh dan menaikkan atau menurunkannya agar tetap stabil. Bagi kebanyakan orang, merasa kedinginan adalah hal sementara yang bisa hilang dengan cepat ketika kita memakai selimut, memakai jaket yang tebal, atau menyalakan pemanas ruangan. Namun beberapa orang dapat merasakan kedinginan sepanjang waktu, dan ini bukanlah sensasi yang menyenangkan. Jika mengalami hal ini, Anda mungkin saja mengalami intoleransi dingin.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab umum mengapa Anda selalu merasa kedinginan:

Tingkat metabolisme basal rendah

Tingkat metabolisme basal rendah (BMR) adalah jumlah energi yang digunakan tubuh untuk menjaga proses tubuh normal. Ini termasuk pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan. Bahkan saat istirahat, tubuh membakar kalori, dan ini menghasilkan panas. Jika kita memiliki BMR yang rendah, maka tubuh hanya akan menciptakan lebih sedikit panas, sehingga kita bisa merasa kedinginan terus-menerus.

Malas gerak

YesDok Ads

Orang yang malas gerak dan tidak banyak menggunakan otot memiliki lebih sedikit massa otot. Otot membakar lebih banyak energi daripada lemak, dan karenanya menghasilkan lebih banyak panas. Kita semua tahu, bahwa bergerak dapat membuat kita tetap hangat, namun sayang, banyak orang yang malas bergerak dan lebih suka berada di tempat tidur sepanjang waktu. Ini mengakibatkan massa otot yang lebih rendah, BMR yang rendah, dan merasa kedinginan terus-menerus.

Kadar lemak tubuh rendah

Lemak adalah isolator yang hebat, dan salah satu peran lemak yang berada tepat di bawah kulit kita, yakni lemak subkutan, adalah bertindak sebagai lapisan internal yang membuat tubuh tetap hangat. Orang dengan lemak tubuh yang sedikit mungkin bisa merasa lebih kedinginan.

Kurang tidur

Pernahkah Anda memerhatikan bahwa Anda sering merasa kedinginan saat lelah? Ketika tubuh bersiap untuk tidur, suhu tubuh akan turun. Ini adalah bagian normal dari ritme sirkadian tubuh yang mengatur saat kita tidur dan saat kita bangun. Suhu tubuh cenderung tetap rendah pada malam hari, dan naik tepat sebelum kita bangun. Jika Anda sering begadang dan kurang tidur, kedinginan dapat menjadi tanda bahwa tubuh memberi tahu Anda bahwa Anda perlu tidur.

(Foto: healthline.com)

YesDok Ads