0 Point
Seorang wanita merasa lelah

Kenali Thalasemia, Kelainan Sel Darah Merah yang Bisa Berbahaya bagi Tubuh

Thalasemia merupakan kondisi medis dimana seseorang alami kelainan darah yang dapat berpengaruh pada produksi hemoglobin dan sel darah merah. Keparahan kondisi ini dapat berkisar dari ringan hingga dapat mengancam jiwa. 

My Cleveland Clinic melansir bahwa hemoglobin memungkinkan sel darah merah untuk mengangkut ke seluruh tubuh Anda sebagai protein dan memberikan nutrisi penting pada sel-sel tubuh Anda. Penderita thalasemia memproduksi sedikit hemoglobin dan sumsum tulang juga menghasilkan lebih sedikit sel darah merah yang sehat. Kondisi kekurangan sel darah merah disebut anemia. 

Gejala

Menurut artikel yang dilansir oleh Mayo Clinic, gejala yang Anda alami tergantung pada jenis serta tingkat keparahan kondisi Anda. Gejalanya antara lain

  • Kulit memucat
  • Kelelahan
  • Pertumbuhan yang lambat
  • Sakit kepala
  • Perut membengkak

Jika kondisi ini tidak terobati dengan segera dan dalam perawatan yang tepat, thalasemia bisa menyebabkan gagal organ. 

Jenis

Dilansir oleh Mayo Clinic, thalasemia memiliki 2 jenis molekul yang terbuat dari rantai dan disebut dengan rantai alfa dan beta. Dalam thalasemia alfa, tingkat keparahan thalasemia tergantung pada jumlah mutasi gen yang Anda warisi dari orang tua. Semakin banyak gen yang bermutasi, keparahan thalasemia semakin meningkat. 

Sedangkan dalam thalasemia beta, tingkat keparahan yang Anda alami tergantung pada bagian mana dari molekul hemoglobin yang terpengaruh. 

CDC meminta penderita thalasemia agar memperbarui vaksinasi untuk mencegah penyakit terutama sangat penting untuk menerima transfusi karena mereka memiliki risiko lebih tinggi tertular hepatitis A atau B.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok