Kenali Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

December 05, 2021 | Iman

Muscle cramp

Menurut National Kidney Foundation (NKF) Amerika Serikat, 90% penderita penyakit ginjal tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya. Meskipun Anda mungkin tidak menyadari bahwa ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, dokter menunjukkan beberapa gejala yang dapat muncul pada tahap awal dan akhir penyakit ginjal.

"Kebanyakan orang dengan penyakit ginjal tidak menunjukkan gejala sampai tahap yang sangat akhir," kata kepala klinis nefrologi dari NYU Langine Health, David Goldfarb.  Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi orang dengan faktor risiko mengenali risiko penyakit ginjal.

Tetapi ada gejala halus yang dapat muncul, baik pada tahap awal maupun tahap selanjutnya, kata Staci Leisman, MD, seorang spesialis ginjal di Rumah Sakit Mount Sinai New York. Berikut adalah beberapa yang harus diwaspadai.

Kencing malam hari

Pada siang hari, kelebihan cairan dalam tubuh Anda menumpuk di pergelangan kaki dan betis Anda dari berdiri dan duduk sepanjang hari. Tetapi begitu Anda tidur di malam hari, cairan ekstra itu langsung menuju ke ginjal Anda. Jika ginjal Anda rusak, mereka tidak dapat menyaring cairan itu juga. Hasilnya mungkin lebih banyak ke kamar mandi di malam hari.

Pembengkakan

Ketika ginjal Anda rusak, mereka tidak dapat menyaring garam juga, yang dapat menyebabkan edema, atau pembengkakan di pergelangan kaki, kaki dan tungkai.  

"Ginjal Anda membocorkan protein ke dalam urin Anda, yang berarti lebih sedikit yang masuk ke darah Anda," kata kepala nefrologi Mercy Medical Center di Baltimore, Greenwell. Kurangnya protein dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak, yang seringkali paling terlihat di sekitar mata Anda.

Kelelahan

YesDok Ads

Leisman mangatakan salah satu tanda awal penyakit ginjal sebenarnya adalah anemia. Ginjal yang sehat membuat hormon yang disebut erythropoietin (EPO), yang mengirimkan sinyal ke sumsum tulang tubuh Anda untuk membuat lebih banyak sel darah merah. Tetapi jika ginjal Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, mereka tidak akan menghasilkan cukup EPO. Pengobatan biasanya suplemen zat besi, atau, dalam kasus yang sangat parah, transplantasi sel darah merah.

Urin berdarah atau berbusa

Jika Anda melihat darah, itu berarti terdapat sel darah merah di urin Anda. Meskipun ini bisa disebabkan oleh ISK atau batu ginjal, ini juga bisa mengindikasikan penyakit ginjal. Kadang-kadang, mungkin terlihat seperti teh bahkan cola. Tapi terkadang darahnya mikroskopis, sehingga hanya bisa diambil melalui urinalisis rutin, ketika dokter Anda melihat sampel urin Anda di bawah mikroskop.

Kulit kering dan gatal

Saat fungsi ginjal Anda memburuk, ginjal Anda akan berhenti menyaring limbah seperti jumlah mineral fosfor yang berlebihan. Hal ini dapat menumpuk di kulit Anda dan menyebabkan gatal-gatal yang dapat berkisar dari gangguan ringan hingga keinginan Anda untuk menggaruk kulit hingga iritasi.

Kehilangan selera makan

Ketika Anda memiliki penyakit ginjal, racun menumpuk di tubuh Anda, yang dapat memengaruhi nafsu makan. Sekitar sepertiga pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir juga melaporkan rasa hambar di mulut mereka, yang kemungkinan besar disebabkan oleh penumpukan produk limbah di tubuh sehingga memengaruhi selera Anda.

Kram otot

Ketika Anda memiliki penyakit ginjal yang parah, Anda lebih rentan terhadap ketidakseimbangan elektrolit yang dapat memicu kram, serta sensasi kesemutan di lengan dan kaki. Hingga 25% orang yang menjalani dialisis untuk penyakit ginjal stadium akhir juga mengalami sindrom kaki gelisah, suatu kondisi di mana Anda memiliki keinginan yang luar biasa untuk menggerakkan kaki saat sedang beristirahat.

YesDok Ads