Kenali Tanda-Tanda Diam dari Stres

February 05, 2021 | Claudia

Jerawat

Banyak petuah seputar stres yang beredar, seperti "Kendalikan stres, sebelum stres yang mengendalikanmu". Nyatanya, stres memang bukan suatu hal yang bisa dianggap sepele.

Stres merupakan masalah yang menyerang banyak orang dewasa. Dari mulai masalah di rumah, misalnya dengan pasangan, orang tua, keluarga, anak, dan lain-lain, hingga ke masalah pekerjaan, semua bisa menyebabkan seseorang dilanda stres yang tidak berkesudahan.

Sayangnya meski stres sudah menjadi masalah umum, banyak orang yang tidak menyadari atau bahkan menyangkal bahwa ia tengah mengalami stres. Padahal, stres seharusnya dikenali dan disadari, agar Anda tahu cara-cara terbaik untuk mengelola stres agar tak sampai mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda.

Untuk itu, kenali tanda-tanda stres yang mungkin Anda alami namun tidak Anda sadari berikut ini:

Sakit kepala

Banyak dari kita berpikir, bahwa sakit kepala mungkin hanya kondisi kecil yang bisa ditangani segera dengan meminum paracetamol. Sayangnya, jika sakit kepala muncul terus-menerus, maka Anda harus mencurigai kondisi tubuh Anda yang sebenarnya. Ini bisa terjadi akibat tingkat stres yang tinggi yang dipicu oleh pelepasan hormon kortisol berlebih dalam tubuh.

YesDok Ads

Menstruasi yang terasa sangat sakit

Kram menstruasi memang menjadi gejala umum, namun, jika sebelumnya Anda tidak bermasalah dengan kram, lalu tiba-tiba Anda mengalami kram yang sangat menyakitkan bahkan membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas, maka Anda bisa jadi mengalami stres kronis. Ini terjadi akibat ketidakseimbangan hormon yang juga disebabkan oleh stres.

Rahang terasa sakit

Saat stres atau saat sedang tegang, tanpa disadari kita cenderung mengencangkan otot wajah. Stres yang berlarut-larut akan membuat kita terus-menerus mengencangkan otot wajah, yang kemudian berdampak pada sakit di rahang.

Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit yang umum. Biasanya jerawat terjadi akibat tersumbatnya pori-pori oleh kotoran. Namun, jika Anda tiba-tiba berjerawat tanpa alasan yang jelas, bahkan ketika Anda telah menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan rutinitas perawatan kulit dengan teratur, maka bisa jadi masalah jerawat tersebut timbul akibat stres. Stres dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon yang kemudian menyebabkan jerawat.

YesDok Ads