Kenali, Tanda-tanda Awal Serangan Jantung

February 19, 2020 | Claudia

Serangan jantung

Kepergian Ashraf Sinclair yang mendadak membuat banyak orang terkejut. Pasalnya, aktor sinetron tersebut diketahui meninggal akibat serangan jantung. Banyak orang berpikir bahwa serangan jantung merupakan penyakit yang hanya dapat terjadi pada orang-orang lanjut usia, namun nyatanya saat ini, seseorang di usia 40 tahun juga bisa mengalami serangan jantung.

Sebenarnya, ada beberapa tanda-tanda awal dari serangan jantung yang bisa Anda kenali. Mengingat ini merupakan penyakit yang mematikan, maka mengetahui dan memahami tanda-tanda awal serangan jantung sangatlah penting.

Jika Anda atau mungkin orang-orang terdekat Anda mengalami salah satu atau bahkan lebih dari gejala-gejala ini, maka sudah saatnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Mudah lelah, kaki dan pergelangan kaki yang sering bengkak dan terasa sakit, bisa jadi beberapa pertanda awal dari serangan jantung.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya kondisi ini, seperti sering kurang tidur, kebiasaan merokok yang berlebihan, terlalu banyak konsumsi alkohol, jam makan tidak teratur, dan kebiasaan makan yang tidak terkontrol.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, untuk itu mulailah melakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat demi melindungi kesehatan tubuh Anda. Selain itu, mengenal dan memahami tanda-tanda awal serangan jantung juga bisa membantu Anda mendeteksi kondisi ini lebih awal dan mencegah kemungkinan terparah.

Untuk itu, berikut tanda-tanda awal dari serangan jantung yang harus Anda waspadai:

Sering sakit kepala atau pusing

Jika kondisi pusing atau sakit kepala terlalu sering Anda rasakan, coba perhatikan gaya hidup Anda. Apakah Anda sudah mengonsumsi makanan yang sehat? Apakah Anda sudah istirahat dengan cukup? Jika belum, maka sudah jelas mengapa masalah ini terjadi pada Anda. Jika kondisi ini sudah terlalu sering terjadi dan bahkan membuat Anda kesulitan dalam bernapas, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang jelas dan perawatan medis yang tepat.

Ketidaknyamanan di dada

Ini merupakan salah satu tanda paling umum dan paling awal dari penyakit jantung. Ketidaknyamanan ini biasanya bermula dari rasa sakit atau tekanan di dada yang muncul secara tiba-tiba. Hal ini terjadi ketika arteri Anda tersumbat, dan ini dapat menyebabkan serangan jantung.

YesDok Ads

Nyeri di lengan kiri

Nyeri di lengan kiri dapat terjadi ketika rasa sakit di dada bergeser ke sisi kiri tubuh Anda. Jika Anda sering merasakan nyeri di tubuh bagian kiri terutama lengan Anda, segera periksakan diri ke dokter, karena ini bisa menjadi pertanda awal dari serangan jantung.

Detak jantung tidak teratur

Jika Anda kerap merasa lelah dan jantung berdetak lebih cepat akibat melakukan hal-hal sederhana seperti menaiki tangga, mencuci peralatan, dan lain-lain, ini bisa menjadi tanda-tanda awal dari serangan jantung. Segera periksakan diri Anda.

Mendengkur ekstrem

Mendengkur memang menjadi kondisi umum saat seseorang tertidur. Akan tetapi, mendengkur terlalu keras dan terengah-engah atau tersedak saat tidur, bisa menjadi gejala dari sleep apnea. Kondisi ini memberi tekanan ekstra pada jantung, yang juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung

Nyeri di tenggorokan atau rahang

Memang ada banyak hal yang dapat menyebabkan sakit di tenggorokan atau rahang Anda, namun jika hal ini sering terjadi, coba periksakan kondisi tubuh Anda. Nyeri pada tenggorokan dan rahang juga bisa terjadi akibat rasa sakit yang menyebar dari dada Anda. Kondisi ini tidak boleh diabaikan, karena bisa menyebabkan serangan jantung.

(Foto: rd.com)

YesDok Ads