Kenali Tanda Tersembunyi Penderita Depresi

October 13, 2021 | Kaifia

Depresi

Beberapa orang yang mengalami depresi mungkin dapat mencoba untuk menutupi gejala dan tanda-tanda mereka dari orang sekitar atau bahkan mereka bisa menyadari bahwa mereka mengalami depresi. 

Meskipun gejala depresi umumnya berupa kesedihan dan keputusasaan, ada beberapa gejala lainnya yang mungkin tidak bisa terlihat.

Menyadari bagaimana gejala depresi bervariasi adalah hal yang penting. Depresi yang tidak terdiagnosis dan tidak terobati dapat memicu gejala yang lebih parah. 

Berikut adalah beberapa tanda-tanda tersembunyi penderita depresi

Penting untuk memperhatikan setiap perubahan perilaku mereka serta mengetahui bahwa seseorang yang mengalami depresi mungkin akan cenderung untuk bertindak berbeda seperti biasanya, bahkan jika mereka menunjukkan kesedihan dan rasa lesu.

Satu atau dua perubahan sendiri tidak selalu menandakan bahwa seseorang sedang menyembunyikan gejala depresi mereka, tetapi dalam beberapa gejala perlu diperhatikan dengan baik.

Perubahan nafsu makan dan berat badan

Makan terlalu banyak atau sedikit bisa menandakan gejala depresi. Beberapa orang beralih untuk menemukan kenyamanan, sedangkan yang lain dapat kehilangan nafsu makan atau makan sedikit akibat suasana mood yang buruk.

YesDok Ads

Perubahan asupan makanan ini dapat menyebabkan seseorang memulai untuk menambahkan atau menurunkan berat badan.

Kehilangan konsentrasi

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa kesulitan berkonsentrasi dapat memperburuk dampak sosial akibat depresi dengan membuat kehidupan bekerja serta hubungan dengan orang sekitar menjadi sebuah tantangan.

Kehilangan minat

The National Institute of Mental Health mencantumkan bahwa kehilangan minat atau aktivitas yang pernah disukai sebagai salah satu gejala depresi.

Kelelahan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 90% orang dengan depresi alami kelelahan.

Meskipun orang dapat merasa lelah dari waktu ke waktu, orang yang mengalami kelelahan parah dan terjadi secara terus menerus terutama jika disertai gejala lain, hal tersebut mungkin menandakan seseorang memiliki depresi tersembunyi.

YesDok Ads