0 Point
Penyebab Telinga Berdenging

Kenali Penyebab Telinga Berdenging

Secara umum telinga terbagi menjadi tiga bagian yakni telinga luar, telinga tengah, serta telinga dalam. Telinga mempunyai sebuah reseptor khusus yang memiliki kemampuan untuk mengenali getaran bunyi di mana telinga manusia dapat mendengar suara-suara getaran yang berada pada angka 20 Hz sampai dengan 20.000 Hz. 

Getaran suara yang berlebihan akan mengganggu organ di dalam telinga bahkan bisa sampai menyebabkan telinga berdenging atau dalam istilah medis disebut tinitus. Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja karena selain mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari juga dapat membuat seseorang menjadi tuli sehingga sulit untuk melakukan komunikasi dengan orang lain karena tidak dapat menangkap suara yang dikeluarkan oleh lawan bicara.

Penyebab Telinga Berdenging

Telinga berdenging menandakan gejala dari kondisi yang mendasarinya seperti adanya infeksi ataupun sumbatan yang terjadi di dalam telinga, gangguan sistem peredaran darah, atau cedera telinga yang menyebabkan telinga berdenging. Beberapa faktor berikut ini juga dapat menjadi penyebab telinga berdenging:

  • Mendengar Suara Kencang dalam Waktu yang Lama

Terlalu lama mendengar suara keras dapat menyebabkan kerusakan pada organ telinga dalam yang bisa semakin parah jika terus menerus mendengar suara yang terlalu keras. Hal ini dikenal juga dengan istilah noice induced hearing loss.

  • Penyumbatan Kotoran di dalam Telinga

Penyebab kedua telinga berdenging adalah karena adanya kotoran di dalam telinga yang menyebabkan penumpukan serumen. Jika dibiarkan, maka dapat terjadi iritasi gendang telinga sehingga membuat telinga berdenging.

  • Infeksi Telinga

Infeksi telinga biasanya terjadi pada telinga bagian tengah yang disebut otitis media. Namun, jika infeksi telah hilang maka suara telinga berdenging juga akan hilang dengan sendirinya.

  • Menderita Penyakit Tertentu

Jenis-jenis penyakit yang bisa membuat telinga menjadi berdenging antara lain penyakit jantung, tumor jinak, penyakit saraf pendengaran, penyakit pembuluh darah, gangguan tulang pendengaran, penyakit maniere, dan gangguan tekanan darah tinggi.

  • Usia Lanjut

Ketika seseorang sudah berusia lanjut yakni sekitar 65 tahun, maka biasanya akan mulai mengalami penurunan fungsi pendengaran hingga bisa sampai menyebabkan telinga berdenging.

(foto: university hospital) 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok