Kenali Penyebab Rambut Rontok

November 08, 2020 | Iman

Cek kesuburan rambut

Siapapun pasti menginginkan rambut sehat, bersinar, dan kuat. Kenyataannya, rambut rontok menjadi masalah yang paling umum terjadi. 

Rambut rontok bisa terjadi pada siapapun, baik laki-laki maupun perempuan. Kerontokan dalam skala wajar tidak perlu dikhawatirkan. Karena, rambut Anda memang mengalami siklus pergantian dari rambut yang sudah mati ke rambut baru yang lebih sehat.

Namun jika anda mengetahui penyebabnya, penanganan rambut rontok akan jauh lebih mudah. Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang perlu anda ketahui.

1. Stres 

Salah satu akibat dari stres yang berkepanjangan adalah kerontokan rambut. Dalam kondisi tersebut, penyaluran nutrisi di dalam tubuh jadi terhambat. Karena, tubuh sedang mengusahakan untuk keluar dari masa yang kritis tersebut.

2. Faktor Keturunan

Kemungkinan, kerabat dekat Anda, seperti bapak atau ibu memiliki kecenderungan rambut yang mudah rontok. Tidak hanya rambut rontok, faktor genetik juga dapat mengakibatkan penipisan rambut, dimana rambut Anda menjadi lebih tipis, halus, dan rapuh.

3. Terlalu Sering Menguncir Rambut

YesDok Ads

Jika Anda cenderung mengikat rambut terlalu ketat, Hal tersebut dapat mengakibatkan rambut menjadi tertarik ke belakang. Jika hal ini terjadi terus-menerus, akar rambut akan melemah. Sehingga, dapat mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah rontok.

4. Penggunaan Alat Styling Rambut yang Terlalu Sering

Panas yang dihasilkan oleh catok, curler, maupun hair dryer akan mengenai rambut secara langsung dan merusak lapisan kutikula. Ketika lapisan rambut tersebut rusak, maka rambut pun akan kehilangan kelembapannya.

5. Masalah Tiroid

Bagi Anda yang memiliki masalah tiroid, hal tersebut dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Ketika tubuh kekurangan hormon tiroid, maka Anda akan mengalami beberapa gejala kesehatan. Salah satunya adalah rambut yang mudah sekali rontok. Untuk mengatasinya, Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung iodine.

 

(Foto : pixabay)

YesDok Ads