0 Point

Kenali Penyebab Mimisan yang Sering Datang

Saat darah tiba-tiba keluar dari hidung, satu hal yang pasti dialami oleh banyak orang ialah panik. Mimisan memang kondisi yang terlihat mengerikan, tapi Anda tak boleh panik saat berurusan dengan mimisan. Satu yang harus Anda ketahui lebih dulu ialah, apa penyebab mimisan yang Anda alami.

Mimisan, sebenarnya terjadi, ketika pembuluh darah yang berada di dalam hidung Anda pecah. Kondisi ini kemudian membuat darah mengalir keluar dari lubang hidung, atau bahkan masuk ke dalam tenggorokan. Darah biasanya akan terus mengalir, sampai penyebab pendarahan dan sumber pendarahan teratasi.

Untuk bisa mengobati mimisan, maka Anda perlu mengetahui dulu penyebab di balik mimisan yang terjadi pada diri Anda, terutama bagi Anda yang sudah sering mengalaminya. Berikut ialah penyebab mimisan yang sering datang tiba-tiba pada orang dewasa:

Sinusitis

Sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan yang terjadi di dinding sinus. Peradangan ini dapat memengaruhi pembuluh darah lain di dalam hidung. Ini bisa membuat pembuluh darah melebar, yang kemudian dapat menimbulkan ruam merah dan bahkan bisa membuat pembuluh darah pecah. Pada saat kondisi inilah, mimisan terjadi.

Cedera hidung

Pernahkah Anda mengalami cedera di hidung? Cedera di bagian hidung, bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di dalam hidung, yang berakibat terjadinya pendarahan atau mimisan. Cedera ini juga bisa mengakibatkan bergesernya sekat pemisah atau septum antara rongga hidung kanan dan rongga hidung kiri. Bahkan lebih parahnya lagi, cedera juga bisa menyebabkan retak atau patah tulang.

Hipertensi

Mimisan memang bukan suatu gejala atau akibat dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Akan tetapi, hipertensi bisa memperparah pendarahan yang dialami oleh seseorang saat sedang mimisan.

Terjadi gangguan pada proses pembekuan darah

Ketika tubuh Anda gagal melakukan proses pembekuan darah, maka risiko pendarahan atau dalam kasus ini mimisan, dapat terjadi. Gangguan ini jugalah yang kemudian menyulitkan Anda untuk menghentikan pendarahan yang terjadi, sehingga Anda bisa saja mengalami kejadian mimisan yang berkepanjangan.

Genetik

Tahukah Anda bahwa mimisan yang Anda alami juga bisa terjadi karena faktor genetik? Ya, mimisan bisa terjadi secara turun temurun, dan kondisi ini biasa dikenal sebagai telangiektasis hemoragik herediter (HHT). HHT dapat memengaruhi pembuluh darah dalam hidung Anda, yang kemudian membuat Anda sering mengalami mimisan dan memburuk seiring berjalannya waktu.

(Foto: pinkycloud.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok