Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Radang Amandel

December 23, 2022 | Iman

Radang Amandel

Tonsillitis atau radang amandel adalah peradangan disertai pembengkakan yang terjadi pada amandel, yaitu dua kelenjar lunak kecil di belakang kiri dan kanan tenggorokan. Amandel sendiri merupakan bagian dari sistem limfatik yang berfungsi melawan infeksi kuman ke dalam tubuh.

Radang amandel dapat terjadi pada siapa pun dan usia berapa pun. Namun, penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak dan remaja dengan rentang usia 5-15 tahun.

Perlu diketahui bahwa ukuran amandel pada anak-anak lebih mudah membesar daripada orang dewasa. Alasannya, amandel berperan besar dalam mencegah infeksi penyakit selama anak dalam masa pertumbuhan. Ukuran amandel akan menyusut seiring bertambahnya usia, dibarengi dengan kekebalan tubuh yang semakin kuat.

Mayoritas pengidap radang amandel akan pulih dalam beberapa hari. Tetapi, jika kondisi ini tak kunjung membaik lebih dari 10 hari, maka kondisi ini dapat dikategorikan sebagai radang amandel kronis. 

Penyebab Radang Amandel

Sebagian besar penyebab radang amandel adalah infeksi virus. Tetapi ada pula yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penularan tersebut pun dapat terjadi apabila seseorang memiliki kontak erat dengan penderita, seperti berjabat tangan dan menghirup partikel udara ketika penderita bersin.

Beberapa virus yang dapat menyebabkan radang amandel adalah sebagai berikut:

  • Rhinovirus: Virus penyebab pilek.
  • Influenza: Virus penyebab flu.
  • Enterovirus: Virus penyebab penyakit mulut, tangan, dan kaki.
  • Adenovirus: Virus penyebab diare.
  • Rubella: Virus penyebab campak.

Selain dari infeksi virus/bakteri, radang amandel juga bisa disebabkan oleh biofilm yang terdapat pada lipatan amandel. Biofilm adalah sekumpulan mikroorganisme yang menempel dan membentuk selimut di permukaan tubuh. Biofilm sendiri dapat terjadi akibat resistensi antibiotik.

YesDok Ads

Terakhir, ada kemungkinan bahwa penyebab radang amandel dipicu oleh faktor genetik. Beberapa anak penderita radang amandel secara berulang diketahui memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat kelainan genetik.

Pengobatan Radang Amandel

Cara mengobati radang amandel ringan umumnya cukup dengan penggunaan obat-obatan. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik apabila radang amandel disebabkan oleh bakteri. Saat mengonsumsi antibiotik, pastikan untuk menghabiskannya meski kondisi sudah membaik atau pulih sepenuhnya.

Sebagai cara meredakan radang amandel, dokter akan menyarankan pasien untuk beristirahat dan melakukan perawatan di rumah, seperti:

  • Memperbanyak konsumsi air putih.
  • Mengonsumsi makanan lembut.
  • Menggunakan pelembap udara.
  • Menghindari asap rokok, debu, dan polusi udara.

Apabila pasien mengalami kesulitan makan dan tidur, gejala yang tak kunjung membaik setelah mengonsumsi antibiotik, hingga mengalami radang amandel berulang, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur operasi pengangkatan amandel.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: siloam hospital)

YesDok Ads