Kenali Penyebab Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

January 21, 2023 | Iman

Penyebab Batuk

Batuk yang terjadi terus – menerus jangan dianggap remeh. Kondisi ini bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit yang patut kita waspadai. Hampir semua orang ketika  mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh akan mengalami kepanikan terlebih lagi semenjak pandemi Covid-19. 

Batuk adalah salah satu refleks normal yang dialami tubuh dimana rongga dada mengeluarkan udara secara paksa oleh karena adanya benda asing seperti kuman, virus, debu atau zat iritatif yang masuk ke dalam saluran nafas.

Kapan batuk dikatakan tidak normal?

Batuk dikatakan tidak normal ketika sudah mulai mengganggu aktivitas akhirnya menyebabkan demam, sesak dan mengeluarkan dahak berwarna kuning hingga kehijau-hijauan, batuk berdarah. dan biasa juga terjadi pada anak-anak hingga menyebabkan anak kesulitan makan akibat batuk yang terus menerus.

Penyebab batuk

Batuk pada umumnya disertai dengan gejala lainnya antara lain seperti pilek atau hidung tersumbat, sesak napas hingga sakit tenggorokan. Batuk bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain 

1. Virus dan bakteri

Salah satu penyebab batuk adalah infeksi saluran pernapasan seperti flu disertai pilek. Infeksi saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh virus yang masuk ke organ saluran napas dengan durasai 5-7 hari. Penyebab batuk juga meliputi adanya bakteri dalam saluran napas oleh karena  pneumonia dan tuberkulosis

YesDok Ads

2. Merokok

Merokok merupakan penyebab umum yang banyak ditemukan. Batuk yang terjadi disebabkan oleh rokok yang memiliki banyak kandungan zat berbahaya bagi tubuh.

3. ISPA

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) disebabkan oleh virus dan bakteri yang ada disaluran napas. Beberapa jenis virus yang sering menyebabkan ISPA adalah rhinovirus, virus influenza, adenovirus dan virus corona (Covid-19).

Batuk bukan hanya sekedar mengkonsumsi obat saja, melainkan harus diketahui juga apa penyebabnya agar bisa lebih fokus kepada penanganan hingga pengobatan yang diberikan sesuai dengan penyebab batuknya. Jika mengalami batuk 2 minggu atau lebih hingga memgganggu aktivitas  dan menyebabkan demam serta sesak napas, lakukan konsultasi ke dokter.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads