Kenali Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri dan Gejalanya

February 26, 2023 | Iman

Penyakit Disebabkan oleh Bakteri

Salah satu penyakit yang banyak terjadi di Indonesia adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Meski beberapa penyakit disebabkan oleh bakteri tergolong ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya, sejumlah infeksi bakteri lainnya membutuhkan penanganan medis dengan segera karena dapat termasuk ke dalam kondisi serius. Bahkan, sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh bakteri merupakan penyakit menular yang perlu diwaspadai.

Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk mengenali tanda-tanda penyakit akibat bakteri sebagai langkah deteksi dini. 

Penyakit-Penyakit Disebabkan oleh Bakteri

Bakteri merupakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti disentri, tuberkulosis, pneumonia, sepsis, tifus, diare, dan tetanus. Berikut penjelasan dari masing-masing penyakit disebabkan oleh bakteri.

1. Disentri Basiler

Disentri basiler adalah gangguan pencernaan akibat infeksi bakteri Shigella, E.coli, atau Salmonella pada usus. Disentri basiler biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti demam, mual, muntah, kram perut, serta diare yang disertai lendir atau darah.

Disentri basiler merupakan penyakit menular yang dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang kurang terjaga kebersihannya. Penyakit ini sering kali ditemukan pada anak-anak, terutama di negara berkembang, negara tropis, dan subtropis.

Apabila tidak segera ditangani, disentri dapat menyebabkan komplikasi, seperti dehidrasi berat, abses pada organ hati, kejang, hingga kematian.

2. Tuberkulosis

TB adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini bersifat menular dan dapat menyebar melalui droplet atau percikan ludah dari orang yang terinfeksi. Beberapa gejala yang muncul akibat tuberkulosis di antaranya sesak napas, batuk lebih dari dua minggu yang dapat disertai darah, hingga nyeri dada.

3. Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumonia yang menyerang saluran pernapasan bawah. Kondisi ini menyebabkan area paru-paru dipenuhi oleh cairan, lendir, atau nanah sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan untuk bernapas. Pneumonia biasanya ditandai dengan demam tinggi, batuk, sesak napas, berkeringat, penurunan nafsu makan, detak jantung terasa cepat, hingga menggigil.

YesDok Ads

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, namun seseorang dengan kondisi berikut berisiko lebih tinggi mengalami pneumonia, yaitu berusia di bawah 2 tahun, perokok aktif, lansia, memiliki riwayat asma dan penyakit kronis lainnya.

4. Sepsis

Sepsis merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem imun tubuh merespon secara tak terkendali terhadap infeksi bakteri. Akibatnya, zat antibodi yang dilepaskan dalam aliran darah untuk melawan infeksi justru akan menyebabkan peradangan. Jika sudah parah, sepsis dapat menyebabkan syok septik atau gangguan fungsi organ yang berisiko menyebabkan kematian.

Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, namun lebih sering terjadi pada anak-anak, terutama bayi baru lahir dan bayi prematur karena daya tahan tubuhnya belum optimal. Beberapa gejala sepsis pada bayi yang perlu diwaspadai adalah muntah, penurunan nafsu makan atau minum ASI, demam, timbul ruam kemerahan, hingga kesulitan bernapas.

5. Tifus

Tifus atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut dapat menginfeksi penderita melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Penyakit ini sering ditemukan di negara berkembang, terutama di daerah atau lingkungan dengan sanitasi yang kurang memadai.

Berikut adalah penjelasan mengenai penyakit disebabkan oleh bakteri. Simak informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok

(foto: healthline)

YesDok Ads