Kenali Pengapuran Sendi Lutut dan Pencegahannya

September 25, 2022 | Iman

Kenali Pengapuran Sendi Lutut dan Pencegahannya

Penyakit pengapuran pada sendi sering dialami oleh mereka dengan usia di atas 50 tahun. Istilah pengapuran sendi sering salah diartikan oleh pasien atau masyarakat awam sehingga penyakit ini dihubungkan dengan zat kapur berlebihan di dalam badan. 

Beberapa pasien juga mengira penyakit ini akibat kebanyakan kalsium yang dikonsumsinya, padahal hal tersebut tidak berhubungan.

Dalam dunia kedokteran penyakit ini dikenal sebagai osteoarthritis, karena mekanisme terjadinya penyakit ini tidak saja akibat adanya degenerasi pada tulang disekitar sendi tetapi juga melibatkan banyak faktor yang lain.

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang osteoarthritis adalah penyakit ini tidak bisa sembuh. Meski demikian, ada sejumlah tindakan yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala, mencegah perburukan, dan membantu penderitanya agar bisa beraktivitas kembali secara mandiri.

YesDok Ads

Penderita osteoarthritis  mengalami keluhan rasa nyeri pada lutut dan tidak jarang disertai dengan kekakuan. Gejala tersebut akan berkembang secara perlahan dan semakin memberat seiring waktu. Kondisi ini menyebabkan penderita mengalami gangguan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, terutama dengan aktifitas yang membebani lutut seperti naik turun tangga, berdiri dari posisi jongkok, berdiri terlalu lama atau berjalan jauh.

Osteoarthritis tidak selalu dapat dicegah. Namun, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperlambat progresivitas dari osteoarthritis, antara lain:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Berolahraga rutin dan aktif secara fisik
  • Menghindari aktifitas yg membebani persendian secara terus menerus dalam waktu lama,terutama sendi panggul,lutut dan pergelangan kaki
  • Berhati-hati dalam berjalan dan berkendara untuk menghindari cedera sendi

(foto: icpr family)

YesDok Ads