Kenali Makanan Penyebab Sembelit

September 30, 2022 | Iman

Makanan Penyebab Sembelit

Salah satu faktor utama sembelit adalah banyak mengonsumsi makanan penyebab sembelit. Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Sembelit atau sering juga disebut konstipasi memiliki gejala seperti rasa mengganjal saat buang air besar, mengejan saat BAB (buang air besar), serta kondisi feses kering, menggumpal, dan keras.

Apabila mengalaminya, sebaiknya Anda segera mencari cara untuk mengatasi sembelit agar tidak semakin parah dan menjadi sembelit kronis.

Makanan Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari

Penyebab dari sembelit dapat tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi seseorang. Semua yang berlebihan itu tidak baik, termasuk pada makanan penyebab sembelit ini. Mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini secara berlebihan nyatanya dapat menyebabkan sembelit.

1. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa cokelat merupakan salah satu makanan penyebab sembelit, terutama jika dikonsumsi berlebihan?

Belum ada riset khusus mengapa cokelat bisa menyebabkan sembelit, tetapi beberapa peneliti mengklaim bahwa kandungan susu dalam coklat kemungkinan menjadi masalah utamanya. Selain itu, kandungan kafein pada coklat juga dapat menjadi penyebab terjadinya sembelit pada seseorang.

2. Olahan Susu

Orang yang mengalami sembelit karena susu biasanya adalah seseorang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa yang  terkandung dalam susu sapi, kambing, atau domba. Laktosa adalah gula alami dalam susu. Seseorang dengan kondisi tersebut biasanya tidak mempunyai enzim pencernaan yang dikhususkan untuk mencerna laktosa.

3. Makanan yang Mengandung Gluten

Makanan penyebab sembelit selanjutnya adalah makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah protein yang terkandung dalam gandum, jelai, padi-padian, dan triticale. Beberapa orang jika mengonsumsi gluten dapat mengalami sembelit. Biasanya orang-orang tersebut mengidap penyakit celiac yaitu sindrom usus besar dan intoleransi gluten.

4. Makanan yang Menimbulkan Alergi

Sebagian orang memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Salah satu reaksi alergi yang timbul adalah sembelit. Contoh makanan penyebab sembelit karena reaksi alergi adalah seafood, telur, dan kacang-kacangan.

(foto: healthline)

YesDok Ads