Kenali Karies Rampan Pada Si Kecil

April 25, 2021 | Aqiyu

karies rampan

Kesehatan si kecil sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan. Salah satu masalah kesehatan yang kerap kali dialami oleh si kecil adalah kesehatan gigi yakni karies. Hal ini dikarenakan si kecil belum dapat menjaga dengan benar kebersihan giginya.

Karies gigi merupakan masalah kesehatan gigi yang dapat menyerang anak-anak tanpa memandang usia. Salah satu jenis karies gigi pada si kecil adalah karies rampan. Dimana kondisi saat sebagian besar atau semua gigi anak mengalami karies yang berkembang dengan cepat. Kondisi email gigi yang lebih tipis juga dapat membuat karies gigi mudah menyebar.

Biasanya karies jenis ini menyerang gigi susu dan umum terjadi pada anak usia di bawah lima tahun. Gigi susu pada si kecil rentan sekali mengalami gigi berlubang karena struktur yang kurang padat dan lebih tipis dari gigi permanen. Serta gigi anak-anak masih sangat rentan terhadap asam.

Karies rampan pada si kecil tidak boleh dibiarkan. Karies rampan dapat menghancurkan jaringan mahkota gigi dengan cepat, termasuk permukaan gigi yang umumnya tahan terhadap masalah gigi berlubang. Bila karies rampan memburuk dan telah mengenai gigi bagian dalam maka dapat menimbulkan rasa sakit.

Parahnya lagi, rasa sakit tersebut dapat membuat anak tidak nyaman saat beraktivitas hingga membuat si kecil sulit makan. Jika anak kesulitan saat makan, ia akan terancam kekurangan nutrisi. Karies rampan yang tidak mendapatkan penanganan bisa berubah menjadi gangren. Gangren adalah kondisi jaringan tubuh mati akibat tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup atau akibat infeksi bakteri.

Penyebabnya banyak faktor seperti kebiasaan minum susu menggunakan botol, mengemut makanan atau sering mengonsumsi makanan manis (permen, cokelat dan lainnya) namun tidak diimbangi dengan mengosokkan gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Untuk itu, para orang tua diminta untuk terus menjaga kebersihan gigi si kecil dengan mengajarkan berkumur dengan air putih setelah minum susu atau makan makanan manis.

Selain itu, tidak lupa menanamkan kebiasan mengosok gigi sehari dua kali, pada saat pagi dan malam hari. Namun, bila si kecil terlanjur mengalami karies rampan Anda bisa membawa ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

(Foto: healthub)

YesDok Ads