Kenali Istilah FOMO dan Efeknya di Kehidupan Anda

March 30, 2023 | Kaifia

sindrom FOMO

Istilah FOMO akhir-akhir ini sering digunakan oleh banyak orang dan kerap kali kita dengar namun tahukah Anda arti dari istilah tersebut?

Sindrom FOMO atau Fear of Missing Out merupakan perasaan khawatir yang timbul ketika seseorang merasa dirinya tertinggal momen atau informasi tertentu. Hal ini biasanya muncul ketika Anda melihat teman sedang bersenang-senang atau melakukan aktivitas sosial yang tidak melibatkan diri Anda sehingga berdampak bagi Anda.

Fenomena ini umumnya merajalela di kalangan anak muda khususnya pada para pengguna media sosial secara aktif. Penggunaan media sosial secara berlebihan bisa berdampak negatif bagi kesehatan mental serta meningkatkan perasaan khawatir atau ketakutan secara terus menerus. 

Perasaan FOMO juga bisa timbul sesederhana memeriksa pesan teks secara berlebih. Ini juga dapat terlihat seperti buru-buru mengangkat telepon saat Anda baru saja mendapatkan notifikasi akibat rasa takut yang Anda alami itu.

Efek Sindrom FOMO

Dikutip oleh Psych Central, sindrom FOMO mampu memengaruhi kesehatan serta kebugaran Anda secara keseluruhan. Apabila Anda kewalahan dengan acara dan aktivitas sosial untuk menghindari FOMO, hal itu dapat memengaruhi kebiasaan pola tidur dan makan atau aktivitas keseharian Anda sehingga menyebabkan beberapa hal dibawah ini

YesDok Ads

  • Sakit kepala
  • Demotivasi
  • Kelelahan
  • Kinerja atau performa menurun di dalam pekerjaan
  • Burnout

Jika siklus ini kerap kali berulang-ulang, kondisi tersebut bisa memicu timbulnya gejala depresif. 

Bagaimana mengatasi perasaan sindrom FOMO?

Beristirahat sejenak dari media sosial

Cobalah manfaatkan beberapa waktu sejenak untuk beristirahat dari perangkat digital atau mengurangi penggunaan media sosial. Hal itu bisa membantu Anda lebih fokus terhadap diri Anda sendiri serta meminimalisir membandingkan diri dengan orang lain.

Lakukan journaling

Journaling dapat membantu Anda mengintrospeksi diri lebih dalam tentang hal apa yang mengganggu diri Anda serta mengidentifikasi apa saja yang memicu timbulnya FOMO. melalui journaling, seseorang dapat terbantu untuk menata pikiran dan mengendalikan emosinya.

Praktik mindfulness atau meditasi

Praktik pernapasan dalam seperti meditasi atau mindfulness bisa menjadi pilihan yang baik untuk menenangkan diri dan mengajarkan Anda untuk tetap berada di momen saat ini. Memusatkan pikiran dan perhatian Anda pada pernapasan bisa meningkatkan kesadaran untuk fokus terhadap hal-hal yang lebih bermanfaat bagi diri Anda.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads