0 Point
Seorang wanita sedang mencuci tangan

Kenali Infeksi Adenovirus Serta Faktor Risikonya!

Pernahkah Anda mendengar sebuah istilah medis yang dikenal dengan adenovirus?

Adenovirus merujuk pada sekelompok virus yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan, pernapasan, mata serta sistem saraf. 

Namun, jenis virus ini lebih banyak menyebabkan penyakit pernapasan yang berkisar dari flu biasa hingga pneumonia dan bronkitis. 

Tergantung pada jenisnya, adenovirus bisa memicu penyakit lain seperti gastroenteritis, konjungtivitis dan dalam kasus yang jarang, bisa menyebabkan penyakit saraf. 

Gejala

Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai jenis gejala fisik seperti berikut ini

  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Flu biasa
  • Bronkitis 
  • Pneumonia
  • Peradangan pada bagian perut

Menurut sebuah artikel oleh CDC, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit parah yang disebabkan oleh infeksi adenovirus. 

Beberapa orang yang terinfeksi bisa mengalami infeksi berkelanjutan seperti kelenjar gondok. 

Pencegahan

Dilansir oleh Cedars Sinai, Dr. Jonathan Grein, seorang direktur Epidemiologi Rumah Sakit memberitahu beberapa pencegahan penyakit adenovirus ini kepada Cedars Sinai.

“Mencuci tangan adalah cara terpenting untuk melindungi diri sendiri.” kata Dr. Grein. 

“Adenovirus mudah untuk menyebar melalui tangan ke mata, hidung dan mulut, jadi mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik benar-benar mampu mengurangi risiko penyebaran virus. Penting juga untuk menghindari kontak dekat dengan mereka yang sakit." Ia tambahkan.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok