Kenali Hipnosis, Praktik Psikologis yang Membantu Mengatasi Rasa Cemas

September 23, 2021 | Kaifia

Hipnosis dapat membantu mengatasi kecemasan

Hipnosis adalah teknik yang dilakukan oleh para praktisi selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan mental. Ini mungkin efektif dalam mengendalikan gejala kecemasan, depresi dan ketakutan pada beberapa orang.

Metode ini melibatkan terapis yang sangat terlatih menggunakan kata-kata, frasa atau teknis terapeutik untuk membantu seseorang lebih rileks dan fokus pada pikiran sendiri.

Keadaan ini mirip dengan ketika Anda tidur, tetapi pikiran Anda akan sangat fokus dan lebih mampu merespon sugesti.

Saat berada dalam keadaan rileks ini, Anda diyakini bahwa Anda lebih bersedia untuk fokus pada pikiran bawah sadar Anda. Hal ini memungkinkan Anda menjelajahi masalah yang lebih dalam yang sedang Anda hadapi.

Hipnosis dan kecemasan

Kecemasan adalah suatu kondisi yang menggambarkan perasaan ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan.

Penderita gangguan kecemasan memiliki rasa cemas yang tak kunjung hilang dan hal ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari serta membuat seseorang terasa kewalahan.

YesDok Ads

Hipnosis mampu membantu individu dengan kecemasan karena memudahkan mereka berada dalam keadaan yang rileks dan tenang.

Hipnoterapi yang mungkin Anda terdengar familiar dengan kata tersebut merupakan praktik hipnosis untuk tujuan terapeutik.

Sesi hipnoterapi bisa digunakan untuk

  • Membantu rileks dan memprogram ulang otak yang cemas
  • Menanamkan keinginan untuk menerapkan kebiasaan hidup yang sehat
  • Menjelajahi kenangan-kenangan yang ditekan cukup lama 

Walaupun hipnoterapi tidak dikenal luas sebagai psikoterapi dan pengobatan untuk mengatasi kecemasan, para peneliti dan ilmuwan telah mempelajari efeknya pada kondisi kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD) dan depresi selama beberapa tahun.

Namun, individu yang mengalami gangguan kecemasan mampu melihat hasil terbaik ketika menggabungkan hipnosis dan intervensi psikologis lainnya seperti terapi perilaku kognitif dan meditasi. 

Induksi hipnosis ini akan membantu Anda dalam keadaan rilek seperti halnya meditasi yang membantu Anda mengendalikan rasa cemas.

YesDok Ads