Kenali Gejala Usus Buntu

August 30, 2020 | Iman

Gejala usus buntu

Usus buntu adalah bagian usus yang terletak di bagian awal dari usus besar (caecum), Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu tersebut. Usus buntu tidak memiliki fungsi tapi jika tersumbat bisa membahayakan dan berakibat fatal kalau tidak segera ditangani.

Para ahli mengatakan bahwa secara prinsip terjadinya peradangan atau appendicitis bisa terjadi akibat suatu sumbatan dari lumen usus buntu yang menyebabkan gangguan sirkulasi mukus, sehingga timbul peningkatan tekanan di dalam lumen usus buntu tersebut.

Anda sebaiknya mewasapadai apa saja gejala penyakit usus buntu ini karena gejala penyakit ini sangat tergantung dari derajat perjalanan sakitnya, pada fase awal dimana terjadi peradangan lokal maka biasanya pasien bisa merasakan keluhan nyeri seperti sakit maag/gastritis. 

Namun, dalam perjalanan selanjutnya tekanan intra lumen usus buntu akan mengakibatkan gangguan sirkulasi pada usus buntu dan meradang. Inilah yang sering dikatakan sebagai gejala klasik usus buntu dimana pasien akan merasakan nyeri yang terus menerus dan menetap di perut bagian kanan bawah (Acute Appendicitis).

Selanjutnya, disaat tekanan semakin tinggi maka akan menimbulkan kerusakan sel sehingga timbul risiko terjadinya kerusakan atau kebocoran pada dinding usus buntu (Appendicitis Perforasi). Pada fase ini isi lumen usus buntu (feses, pus dan bakteri) keluar kedalam rongga perut, sehingga menimbulkan infeksi menyeluruh pada rongga perut (Peritonitis). 

YesDok Ads

Kapan Usus Buntu Harus dibawa ke Rumah Sakit

Menurut beberapa ahli sebaiknya pasien dibawa ke dokter saat keluhan sudah dirasakan adanya nyeri yang berpindah dari nyeri di ulu hati dan berpindah ke perut kanan bawah. Biasanya setelah 12-24 jam pertama sejak gejala awal.

Sementara itu, radang usus buntu atau appendicitis sebaiknya dilakukan tindakan operasi karena apabila tidak maka akan meningkatkan risiko perlekatan dan risiko kebocoran usus buntu yang menimbulkan komplikasi lebih berat. 

Ada beberapa tips bagi anda agar terhindar dari penyakit usus buntu diantaranya adalah dengan melakukan diet tinggi serat dan banyak minum air putih sehingga BAB (Buang Air Besar) lancar dan tidak keras.

YesDok Ads