Kenali Gejala Sinusitis

July 31, 2021 | Claudia

Gejala Sinusitis

Infeksi sinus, atau biasa disebut juga dengan sinusitis, merupakan kondisi umum yang menyebabkan tekanan yang menyakitkan di rongga hidung.

Sebagian besar kasus sinusitis disebabkan oleh virus dan akan menghilang dengan sendirinya. Sinusitis virus dapat menular, jadi berhati-hatilah jika Anda mengalaminya dan tinggal serumah dengan orang lain, atau justru ada anggota keluarga Anda yang mengalami sinusitis akibat virus. Selain virus, bakteri dan juga jamur juga bisa menyebabkan sinusitis.

Beberapa orang mungkin kesulitan membedakan sinusitis dengan pilek atau alergi, berikut ni merupakan beberapa gejala khas dari sinusitis:

Nyeri dan tekanan di sinus

Cairan yang terperangkap di dalam sinus dapat mengisi rongga sinus, menyebabkan rasa sakit dan tekanan yang hebat. Sinus mungkin juga akan menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan. Seseorang yang mengalaminya juga mungkin akan memiliki keinginan untuk bersin, namun tidak bisa melakukannya.

Rasa sakit akibat sinusitis bisa terjadi pada pipi, di sekitar mata dan hidung, atau di dahi karena daerah ini merupakan tempat di mana sinus berada. Saat Anda dalam posisi membungkuk, ini mungkin akan meningkatkan rasa sakit. Rasa sakit bahkan bisa sangat kuat hingga menyulitkan Anda untuk tidur. Sinusitis juga bisa menyebabkan jaringan di hidung membengkak.

Sakit kepala

Tekanan dan rasa sakit akibat sinusitis, dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa orang juga merasakan sakit yang menyebar ke bagian tubuh lain, dan kondisi ini menimbulkan masalah yang lebih luas, seperti misalnya sakit leher.

Postnasal drip

YesDok Ads

Postnasal drip adalah lendir yang menetes dari hidung ke bagian belakang tenggorokan. Ini dapat menyebabkan serak dan perasaan tersumbat juga rasa tertekan di tenggorokan atau mulut.

Batuk

Infeksi sinus dapat menyebabkan lendir dan cairan kembali ke tenggorokan, yang membuat tenggorokan terasa gatal dan “penuh”. Batuk mungkin akan terjadi dalam kondisi ini, beberapa orang bahkan melaporkan kondisi batuk yang tidak terkendali.

Demam

Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Infeksi sinus dapat menyebabkan demam pada beberapa orang yang mengalaminya. Gejala lain termasuk menggigil, kelelahan, dan nyeri otot.

Bau mulut

Lendir yang terkait dengan infeksi sinus mungkin memiliki bau yang tidak sedap, sehingga bisa menyebabkan bau mulut atau rasa tidak enak di mulut.

(Foto: topekaent.com)

YesDok Ads