Kenali Diabetes Gestasional pada Saat Kehamilan

July 10, 2019 | Iman

Masa kehamilan menuntut perawatan dan perhatian ekstra karena jika seorang wanita pada saat hamil menderita diabetes, bisa dipastikan wanita tersebut harus lebih berhati-hati. Diabetes yang didiagnosis selama kehamilan disebut diabetes gestasional.

Dalam kasus ini masa kehamilan akan sangat berisiko mengalami beberapa gangguan seperti kemungkinan keguguran, cacat lahir, kelahiran prematur, dan bayi lahir besar. Diabetes gestasional sendiri dibagi menjadi dua kelas yaitu Kelas A1 yang dapat dikontrol melalui diet dan Kelas A2 dimana kelas ini membutuhkan insulin atau obat oral untuk mengendalikan kondisinya.

Selain itu, ketika seorang wanita mengalami diabetes gestasional, kadar gula darah dapat meningkat secara drastis dan ini dapat menyebabkan masalah-masalah tertentu lainnya baik untuk bayi dan ibu. Sementara itu, kadar hormon dapat membuat kadar gula darah meningkat ketika Anda hamil, juga meningkatkan kemungkinan memiliki kehamilan yang rumit dan berisiko tinggi.

Namun, seorang wanita hamil selalu disarankan untuk tetap memiliki jiwa positif bahkan jika telah didiagnosis diabetes gestasional.

YesDok Ads

Diabetes jenis ini hanya terjadi selama kehamilan, dimana kondisi ini menunjukkan kadar gula yang tinggi selama kehamilan yang normal, kondisi ini biasanya sembuh setelah Anda melahirkan. Di beberapa kasus, kadang-kadang, kondisi tersebut meningkatkan kemungkinan Anda terkena diabetes tipe 2.

Seperti dilansir laman Boldsky, Penyebab Gestational Diabetes saat memang belum banyak diketahui, satu-satunya yang bisa dideteksi adalah hormon yang memiliki peran penting dalam perkembangan kondisi tersebut. Selama kehamilan, hormon yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan penumpukan glukosa dalam aliran darah Anda, sehingga menyebabkan diabetes gestasional.

Idealnya, pankreas Anda dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk menangani hal tersebut. Namun, dalam beberapa kasus, ketika tidak cukup, kadar glukosa darah naik lalu menyebabkan diabetes gestasional. Sementara untuk Gejala Diabetes pada Kehamilan Biasanya tidak nampak, bahkan kadang tidak menimbulkan tanda atau gejala.

Diabetes Gestational berisiko pada wanita hamil yang memiliki kelebihan berat badan sebelum hamil, memiliki kadar gula darah tinggi, memiliki tekanan darah tinggi, mengalami keguguran, memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau kondisi lain yang berhubungan dengan resistensi insulin.

Untuk perawatan Diabetes pada Kehamilan akan tergantung pada kadar gula darah harian. Seorang wanita hamil akan diminta untuk menguji gula darahnya pada saat sebelum dan sesudah makan. Dalam beberapa kasus, suntikan insulin akan selalu disarankan untuk membantu mengendalikan kadar gula darah pada masa kehamilan.

(Foto : lifespan.org)

YesDok Ads