Kenali Ciri Warna Gigi yang Sehat

October 14, 2022 | Helmi

warna gigi yang sehat

Bentuk dan warna gigi seseorang sama uniknya dengan sidik jari Anda. Warna asli gigi Anda ditentukan selama perkembangannya. Ketebalan email yang dikombinasikan dengan kegelapan dentin yang mendasari mempengaruhi seberapa putih mereka terlihat.

Seiring waktu, gigi setiap orang berubah warna. Penuaan adalah salah satu penyebab paling umum dari gigi kuning. Tetapi banyak timbul pertanyaan, seperti apa sebenarnya warna gigi yang sehat?

Enamel gigi sedikit transparan. Hal ini memungkinkan dentin di bawah permukaan terkadang terlihat. Dentin juga menjadi gelap seiring bertambahnya usia, yang selanjutnya dapat meningkatkan warna kuning gigi Anda. 

Perlu diketahui bahwa gigi jarang berubah warna dengan cepat. Sebaliknya, menguning alami cenderung terjadi selama bertahun-tahun. Gigi yang tiba-tiba berubah menjadi abu-abu mungkin bereaksi terhadap infeksi atau trauma gigi. 

Jenis perubahan warna ini tidak dapat dibalik. Saluran akar dan restorasi biasanya merupakan perawatan terbaik untuk gigi yang sekarat. Mahkota gigi akan menutupi gigi lama.

Bintik-bintik coklat dapat berasal dari beberapa sumber yang berbeda. Produk tembakau, teh, dan soda berwarna gelap semuanya dapat menimbulkan noda cokelat. 

YesDok Ads

Bintik coklat yang tampaknya selalu ada mungkin hanya merupakan tanda bahwa Anda menelan terlalu banyak fluoride. Kerusakan gigi dini sering dimulai sebagai bintik-bintik coklat yang menjadi lebih gelap karena enamel rusak.

Bintik hitam bisa jadi noda. Ini kadang-kadang muncul di punggung gigi Anda. Tambalan logam yang lebih tua dapat menggelapkan dan menyebabkan bagian gigi Anda terlihat hitam. Karena area hitam sering kali berlubang, Anda harus memeriksakannya sesegera mungkin.

Warna gigi dapat disebabkan oleh masalah yang mempengaruhi permukaan email. Ini disebut noda ekstrinsik. Mereka juga dapat dipengaruhi oleh masalah perkembangan atau infeksi yang terjadi di dalam gigi dan bisa lebih sulit untuk diobati.

Noda dari makanan dan bahan lain di permukaan gigi Anda merespon dengan baik terhadap pemutihan gigi. Dokter gigi Anda juga dapat mengobati noda dengan memoles gigi Anda selama pembersihan gigi. 

Warna gigi Anda mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan gigi dan gaya hidup Anda secara umum. Memperhatikan perubahan warna dapat membantu Anda mengetahui perkembangan masalah kesehatan mulut lebih cepat. 

Anda juga dapat menggunakan menjaga senyum putih cerah sebagai motivasi untuk mengikuti rutinitas kebersihan dan pemeriksaan gigi Anda. Meskipun beberapa menguning adalah normal seiring bertambahnya usia, kerja keras Anda dengan menyikat gigi dan flossing dapat membuat senyum Anda terlihat indah.

YesDok Ads