Kenali Beberapa Penyebab Rambut Rontok

June 11, 2021 | Helmi

rambut rontok

Anda pastinya khawatir ketika melihat rambut Anda banyak yang rontok. Ada banyak kemungkinan penyebab kerontokan rambut, baik yang serius maupun yang tidak.  

Berikut ini adalah yang biasanya menjadi penyebab penyebab umum kerontokan rambut yang sering terjadi.

Telogen effluvium

Telogen effluvium, kadang-kadang disebut sebagai pelepasan stres, adalah penyebab umum kerontokan rambut, kata Susan Bard, MD, dokter kulit bersertifikat di Vive Dermatology.

Ketika Anda mengalami periode stres emosional atau fisik yang intens, tubuh Anda masuk ke mode bertahan hidup. Ini menghentikan fungsi yang tidak penting untuk mempertahankan nutrisi - dan menumbuhkan rambut adalah sesuatu yang dianggap tidak penting oleh tubuh Anda.

Tetapi Anda biasanya tidak akan mengalami kerontokan hingga tiga hingga enam bulan setelah periode stres karena stresor membutuhkan waktu untuk mengubah siklus rambut.

Penataan rambut

YesDok Ads

Mengenakan gaya yang menarik kulit kepala, seperti sanggul ketat atau kuncir kuda, menyebabkan alopecia traksi. Hal ini terjadi karena menarik rambut secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan rambut serta peradangan dan jaringan parut.

Traksi alopecia terkadang dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen melalui penghancuran folikel rambut, kata Strachan.

Malnutrisi

Jika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari pola makan Anda, ini dapat menyebabkan kerontokan rambut, kata Dina Strachan, MD, dokter kulit bersertifikat dan ahli rambut rontok di Aglow Dermatology.

Ini paling sering terjadi pada orang yang kekurangan zinc, zat besi, dan protein.

Protein khususnya sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Jika tubuh Anda kekurangan protein, ia akan memprioritaskan penggunaan protein untuk fungsi tubuh yang lebih penting daripada pertumbuhan rambut.

Menentukan alasan mengapa rambut Anda rontok sangat penting untuk menemukan perawatan yang tepat yang akan membalikkan prosesnya. Temui dokter kulit yang berfokus pada rambut dan kulit kepala ketika Anda melihat kerontokan rambut yang berlebihan sehingga Anda bisa mendapatkan kembali rambut indah Anda.

YesDok Ads