Kenali Beberapa Pengobatan Kanker Paru

September 05, 2020 | Iman

Paru paru

Kanker merupakan penyakit yang muncul akibat tumbuhnya sel di dalam tubuh di luar kendali. Salah satu jenis kanker adalah Kanker paru yang terjadi ketika awal kemunculan sel itu adalah dari paru itu sendiri dan ada bermacam pilihan pengobatan kanker paru, dari kemoterapi sampai terapi fotodinamik. 

Terdapat sejumlah faktor yang menentukan mana pengobatan yang dianggap paling sesuai, yakni Jenis kanker paru, ukuran dan posisi kanker, stadium (tingkat keparahan) kanker dan kesehatan pasien secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa pengobatan kanker paru.

1. Kemoterapi

Pengobatan ini dilakukan dengan menyuntikkan obat antikanker ke pembuluh darah atau dengan cara diminum. Tidak semua pasien kanker paru membutuhkan kemoterapi, tetapi pengobatan ini dapat menjadi pilihan sebelum atau sesudah operasi untuk mengecilkan tumor sehingga mudah mengangkatnya serta membunuh sel kanker yang mungkin masih tertinggal. 

2. Radioterapi

Radioterapi merupakan pengobatan kanker paru dengan sinar atau partikel berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker. Pemgobatan jenis ini dapat digunakan sebagai pengobatan utama, kadang bersama kemoterapi.

3. Terapi Target

YesDok Ads

Terdapat sejumlah obat yang dikembangkan secara khusus untuk pengobatan kanker paru. Pemberian obat ini ditargetkan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker secara spesifik.

4. Imuno Onkologi

Pengobatan kanker paru dengan imuno onkologi bertujuan memodifikasi sistem kekebalan tubuh untuk mengenali bahwa sel kanker adalah benda asing dan harus diserang. Imuno onkologi kadang dikombinasikan dengan pengobatan kanker lainnya seperti radioterapi, kemoterapi, dan terapi target.

5. Operasi

Operasi adalah pengobatan kanker dengan cara mengangkat kanker lewat prosedur pembedahan. Cara ini biasa ditempuh ketika kanker masih dalam stadium awal, operasi juga merupakan peluang terbaik untuk penyembuhan kanker.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads