Kenali Beberapa Gejala Kanker Usus Besar Ini

January 15, 2021 | Claudia

Kanker usus besar

Sistem pencernaan yang kompleks, membuat gejala kanker usus besar sulit dikenali. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi kanker usus besar secara teratur.

Ada banyak gejala yang dapat mengindikasikan kanker usus besar atau yang biasa juga disebut kanker kolorektal. Tetapi jika seseorang mengalami gejala-gejala tersebut, ini tidak selalu berarti Anda mengidap kanker usus besar. Ada banyak kondisi lain di balik gejala-gejala tersebut, seperti infeksi atau penyakit radang usus.

Namun, akan lebih baik jika Anda segera memeriksakan diri ke dokter, saat gejala-gejala ini muncul. Berikut gejala-gejala yang dapat mengindikasikan kanker usus besar atau kondisi lainnya:

Perubahan kebiasaan buang air besar

Sakit perut atau infeksi ringan dapat menyebabkan perubahan dalam perut, seperti sembelit, diare, dan lain-lain. Namun, masalah ini biasanya akan selesai dalam beberapa hari, setelah penyakitnya mereda.

Namun, jika terjadi perubahan pada pergerakan usus yang berlangsung lebih dari 5-7 hari, maka mungkin ini menandakan adanya kondisi serius yang mendasarinya. Segera temui dokter dan konsultasikan masalah kesehatan Anda untuk mendapat pengobatan medis terbaik.

Kram perut dan kembung

YesDok Ads

Kram perut atau kembung adalah masalah pencernaan umum yang dapat terjadi akibat sakit perut, gas, atau mengonsumsi makanan tertentu. Sering mengalami kram perut dan kembung dengan alasan yang tidak jelas, bisa menjadi tanda kanker usus besar, meskipun gejala-gejala ini juga sering disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.

Darah pada feses

Darah pada feses merupakan kondisi yang harus Anda perhatikan. Darah bisa jadi hanya muncul sedikit pada feses, namun bisa juga seluruh feses akan memiliki warna yang lebih gelap dan berlendir. Ada banyak kemungkinan di balik kondisi darah di feses, seperti wasir. Namun, pastikan Anda langsung mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter jika Anda melihat ada darah dalam feses Anda.

Penurunan berat badan secara tiba-tiba

Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba adalah salah satu tanda dari beberapa jenis kanker. Kehilangan 4-5 kg  atau lebih secara tiba-tiba dalam waktu 6 bulan, bisa menjadi pertanda adanya masalah serius dalam tubuh Anda. Pada penderita kanker, penurunan berat badan mungkin terjadi akibat sel kanker menyerap lebih banyak energi dalam tubuh. Sistem kekebalan juga bekerja keras untuk melawan sel kanker. Jika tumor berukuran besar, ini dapat menyebabkan penyumbatan di usus besar, yang kemudian menyebabkan perubahan di usus dan penurunan berat badan lebih lanjut.

(Foto: medicalxpress.com)

YesDok Ads