Diet
+1

Kenali Bahaya Mengonsumsi Telur Secara Berlebihan

September 07, 2022 | Kaifia

Bahaya Mengonsumsi Telur Berlebihan

Telur dikenal dengan berbagai sumber nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Selain nutrisi antioksidan, mineral dan vitamin yang diperoleh telur, tahukah Anda bahwa kolesterol yang ditemukan di telur menjadi salah satu penyebab penyakit jantung?

Banyak pedoman kesehatan telah mengurangi batasan yang pernah mereka tetapkan mengenai asupan telur namun banyak orang masih mengkhawatirkan bahwa telur bisa merusak kesehatan jantung. 

Dilansir dari Eat This, Not That, Heather Hanks, M.S, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa secara umum, telur adalah makanan yang sangat sehat yang bisa Anda masukkan ke diet namun jika dikonsumsi terlalu banyak, hal tersebut bisa membahayakan bagi tubuh.

Kaitan antara telur dan kadar kolesterol

Healthline melansir sebuah studi observasional terbaru menemukan bahwa mengonsumsi telur tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau faktor risiko lainnya seperti peradangan atau kadar kolesterol tinggi.

YesDok Ads

Beberapa uji coba terkontrol secara acak mencatat temuan serupa dalam kelompok studi yang lebih kecil dari 20-50 orang dewasa yang sehat.

Uji coba pada penderita diabetes telah menemukan bahwa makan telur sejumlah 6-12 telur per minggu tidak berdampak negatif terhadap kadar kolesterol darah total atau faktor risiko penyakit jantung namun sebaliknya, mereka meningkatkan kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Sedangkan kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) sering disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lalu, uji coba membandingkan sarapan berbasis telur dan makanan bebas telur mencatat bahwa kolesterol bisa meningkat pada kelompok sarapan telur. Namun rasio LDL ke HDL tetap tidak berubah.

Jumlah telur yang aman untuk dikonsumsi

Bagi orang dewasa, mengonsumsi 1-2 butir telur sehari tampaknya aman selama Anda mengonsumsinya sebagai bagian dari diet bergizi.

Healthline juga melansir apabila Anda merasa khawatir tentang kadar kolesterol atau risiko penyakit jantung, Anda bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional terlatih seperti dokter atau ahli gizi sebagai cara terbaik dalam menentukan jumlah telur yang aman Anda konsumsi.

YesDok Ads