Kenali Alopecia Areata, Penyakit Autoimun yang Memicu Kerontokan dan Kebotakan

June 07, 2022 | Kaifia

Alopecia Areata

Alopecia Areata adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh dan secara spesifiknya, mereka memengaruhi folikel rambut. 

Dalam kebanyakan kasus, rambut bisa mengalami kerontokan sekitar ukuran seperempat dan mungkin hanya menimbulkan beberapa bercak. 

Ketika Anda mengalami rambut rontok secara total maka dokter akan mendiagnosanya sebagai alopecia totalis. Apabila kerontokan rambut terjadi di seluruh tubuh, kondisi tersebut disebut dengan alopecia universalis. 

Gejala

Gejala Alopecia Areata umumnya dimulai dengan lesi tunggal yang semakin lama berkembang selama beberapa minggu atau bulan. 

Karena lesi ini memengaruhi folikel maka hal tersebut bisa menyebabkan kerontokan rambut. 

YesDok Ads

Kerontokan rambut bisa terjadi secara tiba-tiba dan dapat berkembang dalam beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Beberapa orang melaporkan adanya sensasi terbakar dan gatal-gatal sebelum rambut menjadi rontok. 

Pengobatan

Hingga saat ini, pengobatan untuk alopecia areata masih belum tersedia namun beberapa perawatan dan gaya hidup sehat sampai Anda menemukan jenis perawatan yang cocok bagi Anda. 

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua perawatan dapat bekerja untuk Anda dan beberapa orang terus mengalami rambut rontok dalam masa perawatan.

Selain perawatan khusus dari dokter, beberapa orang memilih terapi alternatif untuk mengurangi keparahan dari kondisi alopecia areata. Perlu Anda ketahui bahwa pengobatan alternatif tersebut belum teruji klinis dan tidak ada bukti medis yang efektif menunjukkan bahwa mereka bekerja dengan baik bagi rambut kita. 

Alopecia areata bisa menjadi kondisi yang menantang bagi penderitanya. Namun, seringkali kondisi ini bersifat sementara.

YesDok Ads