Kenali 5 Tanda Tubuh Butuh Air Putih

June 28, 2020 | Aqiyu

Kurang minum

Aktivitas yang padat terkadang membuat orang sampai lupa untuk minun air putih. Meski tampak sepele, minun air putih bisa memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda tanpa disadari. Itu mengapa setiap orang disarankan untuk memenuhi cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 2,5 liter per hari.

Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan memberikan reaksi sebagai tanda bahwa Anda kekurangan cairan. Ini dkarenakan 70% tubuh manusia disebut terdiri dari air. Berikut lima tanda tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan cairan:

Bau mulut

Banyak faktor yang menyebabkan bau mulut. Selain disebabkan oleh karang gigi yang menumpuk hingga kebersihan mulut yang tidak terjaga. Bau mulut juga bisa timbul karena Anda kurang minum. Karena saat dehidrasi produksi air liur yang berfungsi sebagai antibakteri berkurang. Sehingga bakteri bakteri berkembang dan membuat bau mulut.

Sakit kepala

Saat tubuh kekurangan cairan, Anda mungkin bisa merasakan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh menyusutnya otak karena berkontraksi saat tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu, Amda akan sulit berkonsentrasi atau fokus.

Urine berwarna pekat

YesDok Ads

Saat cairan tubuh terpenuhi dengan baik, maka warna urine yang dikeluarkan akan berwarna bening. Namun saat dehidrasi melanda, warna urine akan berubah menjadi kuning pekat. Warna urine yang lebih pekat ini disebabkan oleh ginjal yang menghemat air atau bahkan menghentikan produksi urine.

Kulit kering

Kelembaban kulit sangat tergantung pada asupan cairan yang Anda minum. Sehingga saat tubuh Anda tidak mendapatkan asupan yang cukup, dampak yang dapat Anda rasakan adalah kulit kering. Bahkan bukan hanya itu, keelastisitasan kulit juga akan berkurang.

Sembelit

Sembelit bisa disebabkan oleh kurangnya asupan serat. Selain itu, sembelit terjadi karena kurangnya asupan air putih untuk tubuh. Cairan dalam tubuh dapat mempermudah kotoran keluar saat dibuang. Itu kenapa usus besar banyak menyerap air yang Anda minum. Bila kekurangan asupan air, usus besar akan menghemat air yang menyebabkan feses kering dan keras.

(Foto:  healt and lifestyle choices)

YesDok Ads