0 Point
Lupus

Kenali 4 Macam Penyakit Autoimun

Manusia memiliki sistem kekebalan yang bertugas untuk melawan patogen yang masuk ke dalam tubuh. Namun, beberapa orang justru mengalami kondisi di mana sistem kekebalan tubuh bukannya melindungi, malah berbalik menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Kondisi ini disebut dengan penyakit autoimun.

Penyakit autoimun bisa berdampak besar, dan bahkan berbahaya bagi tubuh. Berikut ini merupakan beberapa contoh penyakit autoimun:

Lupus

Lupus memengaruhi beberapa bagian tubuh secara bersamaan. Gejala lupus termasuk nyeri sendi, sensitivitas terhadap cahaya, masalah ginjal, dan juga sering merasa kelelahan. Ciri khas lupus adalah munculnya ruam di area hidung dan bagian atas pipi, yang menyerupai kupu-kupu.

Diabetes tipe-1

Diabetes tipe-1 terjadi ketika sistem kekebalan tubuh membunuh sel-sel di pankreas yang bertugas membuat hormon insulin. Hormon insulin dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Jika Anda memiliki diabetes tipe-1, penyakit ini tidak akan sembuh total, namun Anda dapat mengendalikan dengan rutin memperhatikan kadar gula darah dan memberikan insulin ketika dibutuhkan. Menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat juga diperlukan, agar Anda bisa tetap memiliki hidup yang berkualitas walau dengan diabetes tipe-1.

Radang sendi

Gangguan autoimun ini memengaruhi sendi dan menyebabkan pembengkakan hingga rasa sakit. Seiring waktu, peradangan akan merusak tulang rawan dan tulang-tulang lainnya dalam tubuh. Radang sendi bahkan bisa menjadi akar masalah dari penyakit jantung dan paru-paru.

Multiple sclerosis (MS)

Multiple sclerosis (MS) merupakan salah satu penyakit autoimun yang menyerang otak dan juga sumsum tulang belakang. Penyakit ini menyebabkan rasa sakit, munculnya masalah pada gerakan dan keseimbangan tubuh, dan melemahkan tubuh. Obat-obatan yang diberikan dokter dapat membantu mengatasi gejala dan memperlambat perkembangan penyakit.

(Foto: blog.teleme.co)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok