Diet
+1

Kenali 3 Tipe Tubuh Agar Diet Berhasil

March 08, 2021 | Aqiyu

Tipe Tubuh

Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan diet Anda. Salah satunya adalah mengetahui tipe tubuh Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan pola makan, menu makanan hingga latihan fisik yang tepat untuk mencapai berat badan ideal. Berikut tipe tubuh yang wajib Anda ketahui:

Ectomorph

Pernah bertemu dengan orang yang makannya banyak tapi tetap kurus? Ini merupakan salah satu ciri orang dengan tipe tubuh ectomorph. Ciri lainnya orang dengan tipe tubuh ini memiliki tubuh yang kurus, kerangka kecil, bahu kecil, dada datar dan sangat ramping.

Orang dengan tipe tubuh ectomorph memiliki kemampuan metabolisme yang tinggi. Sehingga apapun yang dikonsumsi mudah dicerna dan dibakar. Biasanya, tubuh ectomorph menyimpan sedikit lemak dalam tubuh. Untuk menaikkan berat badan pun tidaklah mudah. Anda harus fokus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi seperti daging tanpa lemak dan telur. Serta Anda perlu dibantu dengan latihan fisik untuk menambah massa otot.

Mesomorph

Tipe ini merupakan bentuk tubuh yang berada ditengah antara ectomorph dan endomorph. Gambaran tipe tubuh ini berbentuk alami tubuh atletis, bahu lebar, banyak massa otot dan relatif ramping. Tipe tubuh proposional dan ideal ini mudah untuk menurunkan atau menaikkan berat badan karena metabolisme tubuhnya seimbang.

YesDok Ads

Makanan yang harus dikonsumsi oleh pemilik tubuh mesomorph adalah makanan tinggi karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang-kacangan dan sayuran. Serta protein tanpa lemak seperti ikan putih, atau yoghurt. Latihan beban dan kardio baik untuk tipe tubuh mesomorph.

Endomorph

Tipe tubuh endomorph bisa dikatakan mudah gemuk meski makannya sedikit. Ciri tubuh endomorph adalah bentuk badan bulat, gemuk, ukuran paha dan pinggang cenderung lebar. Metabolisme pemilik tipe tubuh ini terbilang rendah sehingga berat badan mudah naik dan sulit untuk menurunkannnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh kandungan lemak tinggi yang tersimpan dalam tubuh.

Tubuh endomorph harus membatasi konsumsi karbohidrat dan lemak. Sebagai gantinya, fokuslah mengonsumsi protein tanpa lemak, buah-buahan serta sayuran. Latihan yang tepat bagi tubuh endomorph adalah melakukan HIIT yang dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh.

(Foto:  rave reviews)

YesDok Ads